Safeer Group Gandeng Sriwijaya Air Layani Rute Pekanbaru-Padang



Maskapai Sriwijaya Air menerbangi rute Pekanbaru-Padang, yang sudah beberapa tahun tak lagi dilirik. Untuk rute tersebut diterbangi Sriwijaya dengan Boeing 737-800NG, dengan frekuensi dua kali sepekan.

Untuk Pekanbaru-Padang dilayani setiap Rabu dan Sabtu, sedangkan Padang-Pekanbaru tersedia pada Kamis dan Minggu. Rute ini sendiri merupakan kerja sama dengan Saafer Group. PT Grand Shavire Holidays (Saafer Group) menginformasikan, tiket ditawarkan adalah Rp 400 ribu, dan ini dinilai relatif lebih murah.

“Harga ini kami nilai, lebih murah dibanding dengan jalur darat yang butuhkan waktu lebih dari tujuh jam,” CEO Safeer Group, Muhammad Azmi.

Penerbangan ini, kata Azmi, sangat tepat digunakan oleh para aparatur sipil negara atau kalangan pebisnis Riau yang ada urusan di Padang, sebab terbangnya berada di jam bagus.

Rute ini sebenarnya bukan murni “milik” Sriwijaya Air, akan tetapi merupakan upaya dari Safeer Group dalam melayani calon jamaah Umrah Pekanbaru-Jeddah via Kolombo. Pesawat yang digunakan tersebut adalah carteran, sehingga untuk pembelian tiket hanya bisa diperoleh di Saafer Group.

Brema P Limbeng, Pj District Manager Sriwijaya Air Pekanbaru mengamini hal itu sekaliguas menjelaskan pihaknya tidak mempunyai hak untuk menjual tiket pesawat rute Padang-Pekanbaru, melainkan Safeer Group.

“Posisi kita di sini, cuma membantu untuk rute itu. Karena Sriwijaya Air, tidak kantongi izin Pekanbaru-Padang. Jadi sistemnya Safeer Group carter pesawat kita, untuk melayani umrah, sehingga mereka ini yang memiliki hak menjual (rute Padang-Pekanbaru), kalau kita tidak,” katanya lagi.

Foto: Joe Roland S Bokau / Indo-Aviation.com