Rute Surabaya-Singapura Milik Indonesia AirAsia Masih Dievaluasi



Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sudah mengeluarkan hasil investigasi terkait dengan kecelakaan penerbangan Indonesia AirAsia QZ8501 rute Surabaya-Singapura yang terjadi pada 28 Desember 2014 lalu. Izin rute penerbangan itupun langsung dibekukan karena Kementerian Perhubungan menilai Indonesia AirAsia melakukan pelanggaran izin rute.

Dalam investigasinya, KNKT tidak menemukan adanya kontribusi kecelakaan yang berasal dari perizinan rute maupun cuaca. Namun, Indonesia AirAsia sepertinya masih harus bersabar karena Kementerian Perhubungan belum juga memberikan izin untuk kembali mengaktifkan rute penerbangan Surabaya-Singapura.

Direktur Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara Kementerian Perhubungan Muhammad Alwi mengatakan bahwa pihaknya kini masih melakukan evaluasi sebelum pembekuan izin rute penerbangan Surabaya-Singapura milik Indonesia AirAsia dicabut. “Safety audit harus dievaluasi lagi dari hasil investigasi yang diumumkan ini (KNKT). Nanti dari sana akan diputuskan langkah selanjutnya. Ini (safety audit) bukan hanya terhadap AirAsia, tetapi bagi semua maskapai penerbangan yang mengoperasikan Airbus A320-200,” kata dia.

Foto: Istimewa

Be the first to comment

Leave a Reply