Rusdi Kirana Raih Penghargaan CAPA Legend Award



Rusdi Kirana, pemilik sekaligus pendiri perusahaan penerbangan Lion Group, mendapatkan penghargaan Legend Award dari CAPA-Centre for Aviation, sebuah lembaga konsultan industri penerbangan yang berbasis di Australia. Penghargaan itu diterima oleh Rusdi Kirana dalam acara “2015 CAPA Asia Pacific Aviation Awards for Excellence” yang digelar di Singapura pada 23 November 2015 lalu.

Menurut CAPA, Rusdi Kirana pantas mendapatkan penghargaan Legend Award karena dinilai telah mampu membangun Lion Group sebagai sebuah grup perusahaan penerbangan besar di dunia. “Penghargaan Legend Award tersebut merupakan anugerah penghargaan berkala yang diberikan kepada mereka yang menampilkan talenta yang langka dan keterampilan pekerja, sehingga mereka tidak hanya mengubah lingkungan eksternal, namun mereka juga selalu menghasilkan perbaikan perusahaan secara substansial yang positif”, ujar Direktur Eksekutif CAPA Peter Harbiso.

Peter mengatakan, hanya dalam waktu 15 tahun sejak didirikan, Lion Group telah berkembang menjadi salah satu maskapai penerbangan terbesar di dunia dengan mengoperasikan lebih dari 200 pesawat dan memesan lebih dari 500 pesawat ke sejumlah pabrikan. Lion Group saat ini sudah bercokol di Indonesia, Malaysia, dan Thailand, serta memiliki anak perusahaan yang bergerak dalam bidang penyewaan pesawat. “Lion Air Group merupakan salah satu perusahan maskapai penerbangan terbesar dan memiliki pertumbuhan market yang cepat dan telah mengejar pertumbuhan yang pesat selama dua tahun terakhir di Malaysia dan Thailand,” papar dia.

Peter menambahkan, Lion Group menjadi perusahaan penerbangan berbiaya rendah pertama di dunia yang mendirikan anak perusahaan berupa maskapai penerbangan full service (Batik Air). Selain itu, Lion Group juga dinilai sukses menerapkan strategi multi-brand di pasar penerbangan domestik di Indonesia dengan memiliki tiga maskapai penerbangan sekaligus, yaitu Lion Air, Wings Air, dan Batik Air. “Peningkatan pesat dari Lion Air Group ini merupakan salah satu kisah keberhasilan terbesar dalam sejarah penerbangan pada kurun waktu ini. Rusdi Kirana memulai dengan tanpa apapun dan telah membangun maskapai yang mengesankan dan telah dikendalikan oleh perubahan mendasar di seluruh bentang alam penerbangan di Asia Tenggara,” ujar Peter.

Foto: Istimewa

Be the first to comment

Leave a Reply