Rencana Citilink Terbangi Papua Mulai Oktober Belum Terealisasi



Rencana Citilink untuk membuka penerbangan ke Papua mulai Oktober 2016 ternyata tidak terealisasi. Namun Citilink masih berkomitmen untuk membuka layanan penerbangan ke Pulau Cendrawasih.

Perlu diketahui, CEO Citilink, Albert Burhan sebelumnya mengatakan pembukaan rute penerbangan ke Papua merupakan salah satu prioritas utama maskapai tahun ini, sekaligus menjadi upaya maskapai mengembangkan konektivitas dalam negeri.

“Ini merupakan langkah penting dalam upaya Citilink untuk memperluas konektivitas penerbangan. Jadi, nanti dari Aceh hingga Papua itu bisa terkoneksi dengan penerbangan Citilink,” ujarnya.

Albert mengungkapkan rute yang bakal dibuka Citilink, yakni Jakarta-Jayapura. Rencananya, Citilink akan membuka penerbangan berjadwal harian, melalui penerbangan transit atau tidak langsung (direct flight).

Dia menilai potensi penumpang dan kargo pada rute penerbangan Jakarta-Jayapura cukup menjanjikan. Untuk rute tersebut, Citilink akan  menyiapkan pesawat A320 berkapasitas 180 penumpang.

Asal tahu saja, Citilink sedikitnya sudah membuka lima rute penerbangan baru pada paruh pertama tahun ini antara lain Medan-Aceh, Bandung-Pekanbaru, Jakarta-Lombok, Ujung Pandang-Manado, dan Surabaya-Manado.

Foto: Joe Roland S Bokau / Indo-Aviation.com