Qatar Airways Resmi Luncurkan Rute Penerbangan Komersil Terpanjang di Dunia



Sebuah rute penerbangan komersial terpanjang di dunia, dari Doha menuju Auckland resmi diluncurkan maskapai Qatar Airways. Rute ini resmi dibukan dengan penerbangan pertama pesawat QR920 dari bandara Doha, pada pukul 10.00, Minggu WIB (5/2/2017) dan akan mendarat pada pukul 02.00 Senin (6/2) waktu setempat.

Penerbangan menggunakan Boeing 777 dengan menempuh perjalanan “non stop” selama 16 jam 20 menit, dengan melintasi 10 zona waktu, lima negara. AFP melansir, pesawat bakal menjelajah rute sepanjang 14.535 kilometer, sebelum mendarat di Auckland.

Situs resmi Qatar menyebut, penerbangan kembali dari Auckland diperkirakan akan menempuh waktu yang lebih lama, yakni 17 jam 30 menit. Hal itu terjadi karena perbedaan kekuatan angin.

Berdasarkan pemilahan yang dilakukan situs flightradar24, penerbangan ini menjadi penerbangan penumpang terpanjang di dunia saat ini, . Qatar Airways tidak mengungkapkan berapa banyak penumpang yang ikut dalam penerbangan perdana tersebut.

Namun, berdasarkan informasi yang ada, terdapat empat pilot dan 15 kru di dalam pesawat itu. Pada bulan Maret tahun lalu, maskapai Emirates meluncurkan penerbangan tanpa henti paling lama du dunia kala itu.  Pesawat Emirates terbang dari Dubai menuju Auckland, sejauh 14.200 kilometer.

Foto:wikimedia

Be the first to comment

Leave a Reply