Qatar Airways Masih Berharap A320neo Dikirim Sebelum Akhir Tahun



Maskapai penerbangan yang berbasis di Doha, Qatar Airways, masih berharap pesawat Airbus A320neo (new engine option) pertama yang dipesannya sudah dikirimkan sebelum tahun 2015 berakhir. Pesawat Airbus A320neo pertama yang dialokasikan untuk Qatar Airways memiliki registasi A7-AJB dengan nomor seri produksi (MSN) 6772.

Seperti diketahui, Qatar Airways sebelumnya telah didaulat sebagai launch customer bagi pesawat Airbus A320neo. Akan tetapi, Qatar Airways enggan menerima pesawat pertama itu karena masih memilih permasalahan pada bagian mesin yang dibuat oleh Pratt & Whitney. Melihat kondisi itu, Airbus kemudian menunjuk maskapai penerbangan Jerman, Lufthansa, untuk menjadi launch customer Airbus A320neo dengan jadwal pengiriman pesawat pada 22 Desember 2015.

Chief Executive Officer Qatar Airways Akbar Al Baker mengatakan bahwa pesawat Airbus A320neo yang pertama untuk Qatar Airways seharusnya dikirim sebelum akhir tahun 2015. Jika batas waktu itu gagal dipenuhi, Al Baker menuturkan pihaknya akan meminta pertanggungjawaban kepada produsen mesin, Pratt & Whitney. Saat ini Pratt & Whitney dikabarkan sedang melakukan perubahan terhadap software dan hardware mesin Pure Power PW1100G-JM, yang kemungkinan baru akan selesai beberapa minggu kemudian.

Foto: Airbus

Be the first to comment

Leave a Reply