Qantas Batalkan Rencana Pendirian Jetstar Hong Kong



Maskapai penerbangan asal Australia, Qantas Airways, membatalkan niatnya untuk melanjutkan proses pendirian Jetstar Hong Kong. Chief Executive Officer Qantas Alan Joyce mengatakan bahwa pihaknya tidak akan melakukan investasi lebih lanjut terkait dengan cabang Jetstar di Hong Kong tersebut.

Jetstar Hong Kong merupakan perusahaan penerbangan patungan antara Qantas, China Eastern Airlines, dan perusahaan asal Hong Kong yang bergerak dalam bidang properti dan transportasi Shun Tak Holdings. Pada satu waktu, Jetstar Hong Kong pernah memiliki sembilan pesawat Airbus A320 untuk mengantisipasi peluncuran penerbangan perdana pada awal tahun 2014. Namun, izin bagi Jetstar Hong Kong tidak kunjung keluar, sehingga perusahaan menjual sebagian besar pesawatnya.

Hingga kini Jetstar Hong Kong masih belum juga mendapatkan Air Services Licence (ASL), izin yang harus didapatkan sebelum maskapai penerbangan bisa beroperasi. Merasa frustasi tidak bisa mendapatkan izin dari regulator di Hong Kong, Qantas pun akhirnya menyerah dan tidak akan melanjutkan proyek pembangunan Jetstar Hong Kong.

Foto: Wikimedia

Be the first to comment

Leave a Reply