Qantas Bakal Sediakan WIFI Gratis di Pesawat



Qantas bakal sediakan fasilitas WiFi gratis di pesawat Boeing 737-800 dan A330 untuk mengakses internet. Uji coba tengah dilakukan. Sebuah pesawat 737-800 telah dipasangi peralatan itu, namun belum dioperasikan karena masih dalam tahap pengujian final.

Saat ini Qantas dan ViaSat sebagai pemasok sistem teknologi wifi akan melakukan serangkaian uji darat dan terbang sebelum sistem wifi dapat dipergunakan penumpang Qantas tahun depan.

Head of Customer Experience Qantas, Phil Capps, mengatakan pemasangan hardware pada pesawat merupakan tahap penting. “Kami sangat senang bahwa telah selangkah lebih maju dalam mengenalkan WiFi kami yang cepat dan gratis,” kata Capps.

Namun penumpang  harus sedikit bersabar. Walau perangkat keras WiFi telah dipasang pada sebuah 737-800 (registrasi VH-XZB), namun fasilitas ini belum dapat dinikmati. Penumpang bermata jeli mungkin akan mengamati sebuah antena kecil di atas badan pesawat bagian belakang. Mungkin juga, ia akan mencoba menghubungkan perangkat WiFi-nya ke sana. Namun, Capps menghimbau penumpang lebih bersabar karena sistem WiFi pada pesawat sedang dalam pengujian tahap akhir.

Untuk memasang dan menguji perangkat WiFi pada sebuah pesawat, dibutuhkan 10 teknisi dan 900 jam kerja atau setara dengan 12 hari kerja. Perangkat yang terpasang memungkinkan penumpang memperoleh kekuatan signal yang sama di mana pun dia duduk. WiFi dapat dipakai untuk mengakses intenet dengan kecepatan 10 kali lebih cepat dari WiFi on-board umumnya, sehingga  penumpang dapat mengakses film secara streaming, siaran televisi, berita terbaru, dan acara olahraga secara live.

Sebagai tambahan, WiFi gratis yang hanya akan dapat dinikmati penumpang domestik ini juga dapat dipergunakan oleh pilot dan awak kabin. Pilot dapat mengakses data cuaca saat itu, yang dapat dipergunakan untuk mengurangi turbulensi, termasuk menggunakan data kecepatan tailwind untuk memperpendek waktu penerbangan.

Qantas merupakan airline flag carrier Australia, dan merupakan yang terbesar dari sisi jumlah armada pesawatnya. Maskapai yang tergabung dalam aliansi OneWorld ini sempat memperoleh sejumlah penghargaan, antara lain posisi runner up sebagai maskapai penerbangan terbaik dunia versi AirlineRatings.com.