Protes Lufthansa, Serikat Pilot Gelar Aksi Mogok 24 Jam



Sebagai bentuk protes maskapai penerbangan Lufthansa, serikat pilot Jerman mengatakan pihaknya pada Kamis berencana menggelar mogok kerja selama 24 jam. Aksi itu rencananya digelar sampai 10.59 malam GMT, Kamis.

Sebelumnya, aksi serupa yang digelar Rabu mengakibatkan sepertiga penerbangan pesawat Jerman itu batal. Serikat pilot mengungkapkan, mogok kerja itu memengaruhi seluruh penerbangan jarak pendek dan panjang Lufthansa menuju luar Jerman.

Mogok kerja tersebut merupakan aksi ke-14 yang digelar oleh serikat pilot Vereinigung Cockpit (VC), dipicu masalah gaji.

Lufthansa sendiri mengatakan aksi Rabu itu mengakibatkan 876 dari tiga ribu penerbangan batal, dan berdampak ke 100 ribu penumpang.

Kepala pelaksana penerbangan itu mengatakan, mogok kerja pilot menyebabkan perusahaan rugi hingga jutaan euro tiap harinya.

Reusters melaporkan, serikat pilot mengumumkan, aksi terbaru digelar setelah pengadilan menolak mengabulkan permintaan Lutfhansa untuk melarang mogok kerja jelang menit terakhir, Selasa malam.

Foto: Hungary Today