Presiden Joko Widodo Tinjau Bandara Silangit



Presiden Joko Widodo tinjau Bandara Silangit. Foto: Dok. Angkasa Pura II.

Presiden Joko Widodo meninjau pengembangan Bandara Silangit yang terletak dekat dengan kawasan pariwisata Danau Toba, Sumatra Utara, Sabtu, 14 Oktober 2017, Kegiatan itu dilakukan setelah Joko Widodo melakukan kunjungan kerja dari Sinabung. Di Bandara Silangit, Joko Widodo meninjau langsung kesiapan terminal baru Bandara Silangit yang akan diresmikan pada 28 Oktober 2017.

Dalam itu, Presiden Joko Widodo sangat mendukung atas dioperasikannya penerbangan internasional pada 28 Oktober nanti dengan rute Singapura-Silangit-Singapura. Presiden juga mengapresiasi pengembangan infrastruktur yang telah dilakukan di Silangit. Ia juga meminta agar dilakukan peningkatan di sisi udara khusunya perpanjangan runway dari saat ini 2.650 meter menjadi 3.000 meter dapat segera dilakukan. Joko Widodo pun meminta dukungan Pemkab Tapanuli Utara terkait dengan kesiapan tanah.

Pengembangan Bandara Silangit yang telah dilakukan PT Angkasa Pura II sejak beberapa tahun ini. Tahun lalu AP II mengembangkan terminal baru seluas 2.436 m2 dan siap untuk dioperasikan bulan ini dengan fasilitas antara lain 4 check in counter untuk keberangkatan internasional, 5 check in counter untuk domestik, 2 conveyor belt di baggage claim area, boarding lounge yang nyaman, area komersial, serta lahan parkir luas untuk kendaraan bermotor.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan, “Kunjungan Presiden menunjukkan bahwa Bandara Silangit memiliki peran yang strategis khususnya dalam mendorong pertumbuhan pariwisata Danau Toba agar dapat menjadi destinasi wisata utama bagi para wisatawan mancanegara. Hal ini sekaligus menunjukkan komitmen pemerintah terhadap pengembangan infrastruktur di seluruh daerah untuk meningkatkan konektivitas transportasi udara.”

Terkait dengan pengembangan, Muhammad Awaluddin menjelaskan bahwa pengembangan Bandara Silangit tidak berhenti. AP II akan melanjutkan pengembangan hingga kuartal I/2018 di mana pada saat itu terminal penumpang diperluas menjadi 3.054 m2 dan dilengkapi dengan VIP Lounge serta dapat menampung sebanyak satu  juta pergerakan penumpang setiap tahunnya. Sejalan dengan pengembangan bandara ini, AP II juga secara aktif mengajak maskapai bekerjasama untuk membuka lebih banyak lagi rute domestik dan internasional di bandara Silangit.

Sejak dikelola AP II, pengembangan di Bandara Silangit dilakukan secara berkelanjutan dan menyentuh seluruh aspek termasuk peningkatan konektivitas melalui dibukanya rute penerbangan langsung Jakarta – Silangit. Pertumbuhan pun kian pesat sejalan dengan hadirnya beberapa airline ke Silangit.

Be the first to comment

Leave a Reply