Pilot Pemula Plus-Plus




Pilot pemula baru lulus sekolah penerbangan.

Assalamualaikum semua …

Punya kontak sekolah pilot yang buka untuk diklat instruktur pilot? Seorang ibu yang anaknya sedang sekolah pilot di AS bertanya pada saya. Dia ingin setelah anaknya lulus, langsung sekolah instruktur di Indonesia. Dia tahu, tak mudah sekarang ini sang anak bisa langsung diterima di maskapai penerbangan.

Info akhirnya diperoleh dari Global Aviation Flying School. Sekolahnya empat bulan dengan biaya sekitar Rp180juta. Sekolah lainnya ada yang merespons, ada juga yang tak merespons pertanyaan itu. BIFA (Bali International Flight Academy) misalnya, tidak membuka kelas instruktur tapi kalau ada yang minat, minimal empat siswa, bisa dilaksanakan.

Ketemu lagi, ibu calon pilot itu mengatakan sudah mencari info untuk menambah keterampilan anaknya dengan ikut diklat type rating. “Kalau jadi instruktur, apa masih banyak sekolah pilot yang memerlukannya?” ujarnya. Maka ia pun ingin mengikutkan anaknya diklat type rating di AS. Biayanya kalau dirupiahkan sekitar Rp180juta juga. “Kalau dihitung-hitung, sesuailah. Dapat 50 jam terbang tambahan lagi,” katanya.

Di Indonesia, banyak mana jenis pesawat yang dioperasikan maskapai, Airbus A320 atau Boeing 737-800NG? Saat ini populasinya di Indonesia, Boeing 737NG lebih banyak daripada A320. Kalau mau masuk Garuda Indonesia, Lion Air, atau Sriwijaya Air, ya tipe NG. Kalau mau masuk AirAsia dan Citilink Indonesia, ya 320. Batik Air punya dua tipe itu. Kenapa bukan ATR 72 dan masuk Wings Air, Garuda, atau NAM Air? Rupanya pesawat propeller kurang diminati anak muda itu.

Namun ibu calon pilot itu khawatir, sertifikasi type rating-nya di AS tidak diakui di Indonesia. Direktur Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) Capt Avirianto menjelaskan, “Bisa endorsement nanti di sini. Cuma empat jam terbang. Ada beberapa lembaga pendidikan yang juga membuka kelas type rating dan sudah disertifikasi DKPPU.”

Jadi, setelah pilot lulusan AS itu tiba di Jakarta, ia harus melakukan endorsement sekolah pilotnya dulu, kemudian endorsement type rating. Biayanya? Pasti jutaan rupiah juga. Untuk lulus sekolah pilot dan tambahan-tambahannya atau menjadi pilot pemula (ab initio) plus-plus itu memang membutuhkan biaya lebih dari satu miliar rupiah.

Begitulah kekhawatiran seorang ibu yang ingin anaknya menjadi pilot di maskapai penerbangan Indonesia. Antisipasi lebih baik, walaupun tidak harus terlalu khawatir.




Be the first to comment

Leave a Reply