Pesawat Kalstar Aviation di Bandara El Tari Kupang Belum Dievakuasi



Pesawat Embraer E195 milik maskapai penerbangan Kalstar Aviation tergelincir di Bandara El Tari Kupang ketika mengoperasikan penerbangan KD676 rute Ende-Kupang pada 21 Desember 2015. Setelah beberapa hari berlalu, pesawat itu masih belum dievakuasi oleh pihak-pihak terkait, meskipun Bandara El Tari Kupang bisa beroperasi secara normal.

Direktur Operasional Angkasa Pura I Wendo Asrul Rose mengatakan bahwa pesawat tergelincir hingga 200 meter dari landasan pacu. Hal itu menyulitkan proses evakuasi, apalagi tidak ada alat berat yang tersedia untuk menarik pesawat. Selain itu, kondisi tanah yang berlumpur juga semakin menyulitkan proses evakuasi. “Untuk pengangkatan, kami masih menunggu alat berat. Sedangkan untuk penyebab lain kecelakaan, sekarang masih diselidiki lebih dalam oleh KNKT,” ujar dia.

Berdasarkan informasi, pesawat Embraer E195 Kalstar Aviation membawa sebanyak 125 penumpang dalam penerbangan tersebut. Seluruh penumpang dinyatakan selamat dan tidak ada yang mengalami luka-luka. Kementerian Perhubungan kini sudah membekukan sementara izin rute penerbangan Ende-Kupang milik Kalstar Aviation. Izin itu baru akan diberikan kembali setelah KNKT menyelesaikan hasil investigasi dan perusahaan melakukan berbagai perbaikan yang direkomendasikan oleh KNKT.

Foto: Istimewa

Be the first to comment

Leave a Reply