Perkuat Kemitraan, Boeing dan Arab Saudi Umumkan Perjanjian Bisnis



Beberapa perjanjian pertahanan dan komersial yang diumumkan pada Minggu (21/5) memperkuat kemitraan pabrikan pesawat asal Amerika Serikat, Boeing dengan Arab Saudi. Melalui kemitraan ini, akan menciptakan atau mempertahankan ribuan lapangan kerja baik di Amerika Serikat maupun Arab Saudi, dan meningkatkan keamanan nasional di kawasan ini.

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump dan Menteri Luar Negeri Rex Tillerson bergabung dengan Raja Salman bin Abdul Aziz Al Saud dan Putra Mahkota Mohammed bin Naif Al Saud dan Wakil Putra Mahkota Mohammad bin Salman Al Saud pada upacara penandatanganan yang mencakup produk dan layanan Boeing.

Di antara pengumuman tersebut antara lain, kesepakatan untuk membeli helikopter Chinook dan layanan pendukung terkait serta sistem senjata yang dipandu; niat Arab Saudi untuk memesan pesawat maritim dan patroli P-8 yang berbasis pada pesawat komersial Boeing 737; sertifikat registrasi komersial untuk Saudi Rotorcraft Support Company, perusahaan patungan yang baru dibentuk antara Boeing, Alsalam Aerospace Industries dan Saudia Aerospace Engineering Industries yang akan memberikan dukungan untuk helikopter militer dan komersial; dan kesepakatan antara Boeing dan SaudiGulf Airlines untuk menegosiasikan penjualan 16 pesawat berbadan lebar (widebody).

“Pengumuman ini menegaskan kembali komitmen kami terhadap pertumbuhan ekonomi, kemakmuran dan keamanan nasional baik Arab Saudi maupun Amerika Serikat, membantu menciptakan atau mempertahankan ribuan lapangan kerja di dua negara kami,” ucap Dennis Muilenburg, Chairman, President & CEO Boeing.

“Kemitraan kami berpuluh tahun dengan Kerajaan (Arab Saudi) dimulai pada tahun 1945 ketika Presiden Roosevelt mempresentasikan sebuah DC-3 kepada Raja Abdul Aziz Al Saud, meluncurkan perjalanan udara di wilayah komersial tersebut. Kami menyambut baik kesempatan untuk melanjutkan dukungan tersebut,” jelas Muilenburg.

“Saya menghargai usaha Raja Salman, Presiden Trump dan pemerintahannya untuk mendukung pabrikan Amerika saat kami berusaha tumbuh di dalam negeri dan di seluruh dunia,” tutup Muilenburg.

Foto: Istimewa

Be the first to comment

Leave a Reply