Percival Gull, Monoplane Bermesin Satu Buatan Inggris



Percival Gull merupakan pesawat single-engined monoplane dari Inggris yang terbang perdana pada Maret 1932. Pesawat ini merupakan pengembangan dari jenis sebelumnya yaitu Vega Gill dan the Proctor.

Pesawat ini merupakan yang pertama diproduksi oleh Percival Aircraft Company, yang berdiri pada tahun 1932 oleh Edgar Percival. Percival Gull merupakan pesawat dengan desain low wing yang terbuat dari kayu dengan penutup kain. Sayap bagian luar dikurangi, dan ada flaps pada sayap yang terbagi. Sirip dan kemudi pada awalnya sangat mirip dengan produksi pesawat sebelumnya, yaitu Hendy 302, dengan horn balance dan nick di tepi leading edge di sirip yang berguna untuk keseimbangan, namun pada akhirnya digantikan dengan desain lainnya. Meskipun varian Gull semuanya menggunakan 5 jenis mesin yang berbeda, akan tetapi memiliki kesamaan yaitu jenis pendingin udara inline yang terbalik, baling-baling sebanyak 2 bilah. Pada fuselage belakang adalah penampang berbentuk persegi dengan ujung berbentuk bulat. Kabin yang mengkilap bergabung dengan bagus ke dalam sirip punggung fairing yang mengangkat, dan ruang kemudi pada bagian denan dan dua kursi penumpang. Bagian bawah utama pesawat tetap dan spatted, setiap roda yang dipasang di tiga penopang di model awal, ada roda ekor kecil yang dapat dikendalikan.

Model Percival Gull yang pertama dilengkapi dengan salah satu dari dua mesin 4 silinder Cirrus Hermes IV, atau de Havilland Gipsy dengan tenaga sekitar 130 hp (97 kW). Namun terdapat pilihan mesin lainnya, yaitu Napier Javelin III, mesin dengan 6 silinder dengan tenaga 160 hp (119 kW). Varian D.2 atau dikenal sebagai “Gull Four”, dengan mesin Javelin 6 silinder, mirip dengan Gull Four Mk IIA. Pada tahun 1934, salah satu Gull telah dimodifikasi dengan pintu kabin, direvisi dan kaca yang menjadi lebih pendek, faired, penopang utamapada sisi bawah pesawat. Versi ini dikenal dengan Gull Four Mk III. Varian akhir dari keluarga Gull adalah D.3 “Gull Six”, mirip dengan varian D.2 “Gull Four Mk III dengan kanopi yang direvisi dan undercarriage, tetapi mesin diganti dengan jenis de Havilland Gipsy Six, mesin 6 silinder yang lebih bertenaga, sekitar 200 hp (149 kW). Pesawat ini memiliki panjang yang sama dengan varian Gull Major, tetapi lebih berat 195 lb (88 kg) dan terbang lebih cepat, sekitar 178 mph (286 km/h). Satu Gull Six (dengan registrasi VT-AGV) mempunyai kabin yang diganti dengan sepasang kokpit tandem terbuka, yang dikenal sebagai P.7 atau “Touring Gull”.

Percival Gull dioperasikan baik untuk kepentingan balap udara maupun kepentingan militer. Untuk kepentingan balap udara ataupun pemecahan rekor, pada 9 Juli 1932, EW Percival menerbangkan prototype Gull (G-ABUR) pada ajang King’s Cup Race, di mana pesawatnya mampu terbang dengan kecepatan 143 mph (230 km/h). Kemudian pada 4 Oktober 1933, Charles Kingsford Smith memulai sebuah penerbangan dengan Gull Four (G-ACJV) dari Lympne, Inggris menuju Darwin di Australia dan tiba pada 10 Desember 1933 setelah menempuh penerbangan

selama 7 hari 4 jam 44 menit. Kemudian pada 17 Juni 1935, EW Percival menerbangkan sebuah Gull Six (G-ADEP) dari Gravesend, Inggris menuju Oran di Algeria, dan mendapatkan penghargaan dari Oswald Watt Gold Medal pada penerbangan ini.

Sedangkan untuk kepentingan militer, Percival Gull dioperasikan oleh AU Kerajaan Inggris, di mana sebuah Gull Six (G-ADEU) dievaluasi oleh AU yang kemudian pesawat ini dioperasikan oleh AU Kerajaan Inggris sebanyak enam unit dan ditepatkan di Inggris, Mesir dan India.

Varian Gull yang telah dibuat oleh Percival Aircraft Company antara lain D.1 Gull (Mk I/P.1), yang merupakan prototype dengan mesin Cirrus Hermes IV dengan tenaga 130 hp (97 kW) yang dibuat satu unit saja. Kemudian varian D.2 Gull Four (Mk II/P.1A) dengan mesin yang sama dengan varian D.1 yang telah dibuat sebanyak 3 unit, D.2 Gull Four (Mk IIA/P.1B) dengan mesin Napier Javelin III dengan tenaga 160 hp (119 kW) yang dibuat sebanyak 8 unit, D.2 Gull Four (Mk IIB/P.1C) dengan mesin de Havilland Gipsy Major dengan tenaga 130 hp (97 kW) yang dibuat sebanyak 11 unit, D.2 Gull Four (Mk III/P.1D) dengan mesin yang sama dengan varian D.2 Gull Four (Mk IIB/P.1C) yang telah dibuat sebanyak 3 unit, D.2 Gull Four (Mk III/P.1E) dengan mesin Blackburn Cirrus Major I/II dengan tenaga 135 hp (101 kW) yang dibuat satu unit. Selain itu ada D.2 Gull Four yang telah dibuat sebanyak 2 unit dan terakhir adalah D.3 Gull Six (P.3) dengan mesin de Havilland Gipsy Six dengan tenaga 200 hp (149 kW) yang telah dibuat sebanyak 19 unit termasuk 4 unit yang dikonversi dari Gull Fours.

Karakteristik dari pesawat ini adalah, diawaki oleh 1 penerbang dengan kapasitas 2 penumpang, memiliki panjang 7, 54 meter, bentang sayap 11,02 meter, tinggi 2,25 meter, wing area 15,70 meter persegi, berat kosong 531 kilogram, berat kotor 930 kilogram, dan ditenagai oleh satu buah mesin Cirrus Hermes IV dengan 4 silinder termasuk inline aircooled, 130 hp (97 kW). Performa dari Percuval Gull yaitu mampu terbang dengan kecepatan maksimum 233 kilometer per jam, kecepatan jelajah 210 kilometer per jam, jarak jangkau 1.126 kilometer, ketinggian jelajah 16.000 kaki dan rate of climb 850 feet per menit.

Foto: WIkimedia

Be the first to comment

Leave a Reply