Penumpang Penerbangan Alami Penurunan di Bulan Agustus



Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), penumpang jasa tranportasi udara di bulan Agustus 2015 mengalami penurunan sebesar 1,2 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Pada Agustus 2015 secara total jumlah penumpang penerbangan domestik sebesar 6,3 juta penumpang, sedangkan pada Agustus 2014 sebanyak 6,4 juta penumpang.

Kepala BPS Suryamin mengatakan bahwa penurunan jumlah penumpang terjadi di beberapa bandara, di antaranya Bandara Soekarno-Hatta Jakarta turun 2,14 persen dan Bandara Kuala Namu Medan turun 2,59 persen. Sementara itu, kenaikan jumlah penumpang terjadi di Bandara Juanda Surabaya sebesar 14,92 persen dan Bandara Ngurah Rai sebesar 6,44 persen. “Penurunan penumpang terjadi di Medan dan Jakarta,” kata dia.

Meskipun demikian, pada periode Januari-Agustus 2015, jumlah penumpang transportasi udara domestik mengalami kenaikan sebesar 17 persen menjadi 45,1 juta penumpang, sedangkan penumpang penerbangan internasional naik 2,12 persen menjadi 9,2 juta penumpang dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Foto: Joe Roland S. Bokau/PhotoV2.com for Indo-Aviation.comĀ 

Be the first to comment

Leave a Reply