Pengembangan Kolaborasi Kunci Sukses di Industri Aviasi dan Pariwisata



[columns size=”1/2″ last=”false”]


[/columns]

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Danang S. Baskoro mengatakan, kunci sukses di industri aviasi dan pariwisata adalah pengembangan kolaborasi antara program maskapai, program pemerintah, program industri pariwisata, dan program yang diinisasi pengelola bandara.

“Sesuai arahan Presiden Republik Indonesia mengenai sistem terintegrasi dalam promosi perdagangan, pariwisata, dan investasi, maka Angkasa Pura I selaku salah satu pemangku kepentingan di industri pariwisata menginisiasi kegiatan ‘Collaborative Destination Development’ ini  untuk mengolaborasikan seluruh pemangku kepentingan pariwisata di Sulawesi Selatan dalam rangka semakin mengembangkan potensi pariwisata di sini,” ujar Danang dalam kegiatan focus group discussion (FGD) bertajuk “Collaborative Destination Development” (CDD) yang digelar di Fourpoint Hotel Makassar, Kamis (20/4).

Senada dengan Danang, Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha PT Angkasa Pura I (Persero) Moch. Asrori mengatakan bahwa pengelola bandara harus menginisiasi kerja sama dan koordinasi dengan seluruh pelaku bisnis pariwisata instansi terkait dalam mengembangkan industri pariwisata daerah.

“Secara khusus, pengelola bandara juga harus dan membuka akses seluas-luas bagi penyedia layanan agen perjalanan di bandara. Selain itu, teknologi informasi dan komunikasi (TIK) diperlukan untuk meningkatkan efektifitas koordinasi, komunikasi, integrasi dan pengendalian antar pelaku bisnis dan periwisata terutama PT Angkasa Pura I,” ujar Asrori.

Forum kolaborasi para pemangku kepentingan pariwisata di Sulawesi Selatan ini melibatkan jajaran pemerintah daerah seperti Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Dinas Pariwisata Sulawesi Selatan, Pemerintah Kota Makassar, Pemerintah Kabupaten Maros, dan Pemerintah Kabupaten Gowa.

Selain itu jajaran pemerintah daerah, forum kolaborasi ini juga melibatkan para pelaku bisnis, seperti maskapai penerbangan, Asosiasi Muslim Pengusaha Haji Umroh Republik Indonesia (AMPHURI), Association of Indonesian Tours and Travel Agent (ASITA) Sulawesi Selatan, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulawesi Selatan, dan pelaku usaha di bidang pariwisata lainnya. Kegiatan CDD yang bertema “Visit Mamago (Makassar, Maros, dan Gowa), Let’s Umroh from Makassar Airport” ini digelar di Fourpoint Hotel Makassar.

Foto: Joe Roland S. Bokau / IndoAviation.co.id

Be the first to comment

Leave a Reply