Penerbangan dari Yogyakarta Sementara Dialihkan ke Solo



Menyusul penutupan Bandara International Adisutjipto Yogyakarta seiring tergelincirnya pesawat Garuda Indonesia, penerbangan dari Yogyakarta untuk sementara dialihkan ke Solo.

“Pihak otoritas bandara juga telah memberitahukan kepada calon penumpang bisa menukarkan tiket kepada semua maskapai penerbangan ataupun menjadwal ulang penerbangan,” kata Liza Aninya Rahmadia, Humas Bandara International Adisutjipto Yogyakarta.

Bandara memang ditutup sementara dari aktivitas penerbangan setidaknya hingga pukul 10.00, Kamis (2/2) pagi ini. Hal itu merupakan dampak dari tergelincirnya pesawat Garuda Indonesia Boeing 737 dengan nomor penerbangan GA258 dari runway 09, semalam (1/2).

Notam atau Notice to Airmen sebelumnya juga sudah keluar beberapa jam setelah insiden tersebut terjadi pada pukul 19.50, semalam.

Notam nomor B0740/17 menyebutkan runway 09/27 Bandara Adisutjipto Yogyakarta ditutup pada 1 Februari 2017 mulai pukul 20.06 sampai 23.00 karena landasan pacu terhalang oleh pesawat. “Setidaknya hingga pukul 10.00 nanti sesuai Notam B0754/17 runway,” kata Liza.

Penerbangan yang dialihkan adalah; Jakarta – Yogyakarta pp (10 kali penerbangan), Denpasar – Yogyakarta pp (tiga penerbangan), Makassar – Yogyakarta pp (dua penerbangan), Balikpapan – Yogyakarta (satu kali penerbangan) dan Surabaya – Yogyakarta (satu kali penerbangan).

“Kami meminta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Untuk penanganan lebih lanjut seluruh penerbangan Garuda Indonesia tujuan Yogyakarta sebanyak 34 penerbangan (pp) le bandara Solo, kata VP Corporaye Communication Garida Indonesia Benny s Butarbutar di Yogyakarta, Kamis (2/2).

Untuk penanganan seluruh  penumpang tujuan Yogyakarta tersebut, Garuda Indonesia telah menyiapkan sarana transportasi berupa bus yang saat ini telah standby di Bandara Adisumarmo, Solo untuk mengangkut penumpang menuju Yogyakarta.

Foto: Istimewa

Be the first to comment

Leave a Reply