Pembangunan Kereta Bandara Adi Soemarmo Resmi Dimulai



Presiden RI Joko Widodo secara resmi melakukan groundbreaking kereta Bandara Adi Soemarmo di Solo pada Sabtu (8/4). Dengan adanya kereta bandara ini, diharapkan Bandara Adi Soemarmo mampu bersaing dengan negara-negara lain.

“Persaingan antar negara di berbagai bidang seperti industri, perdagangan, investasi, termasuk transportasi kian sengit. Untuk memenangkan persaingan itu, kita harus memiliki daya saing atau competitivness. Itulah kenapa kita harus segera bangun kereta bandara Adi Soemarmo ini,” jelas Presiden Jokowi seperti yang dilansir di website Kementerian Perhubungan.

Jokowi juga menambahkan, hampir di setiap negara maju, ketika turun dari pesawat sudah berada di kereta. Jokowi juga meminta agar pembangunan kereta bandara Adi Soekarmo segera dilakukan dengan target telah selesai pada tahun 2018.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, kereta bandara Adi Soemarmo menjadi bagian penting dari rencana pembangunan bandara tersebut menjadi sebuah Airport City. Ia menambahkan, Bandara tersebut nantinya akan menjadi salah satu hub di pulau Jawa untuk membagi beban yang ada di bandara Soekarno Hatta yang selama ini menjadi satu-satunya hub di pulau Jawa.

“Keberadaan kereta bandara ini menjadi sarana pendukung angkutan antarmoda yang menghubungkan bandara dengan kotanya. Ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menciptakan sarana transportasi yang selamat, aman, nyaman dan tepat waktu,” jelas Budi.

Budi juga menyebut, kedepannya akan dilaksanakan perluasan terminal penumpang Bandara Adi Soemarmo dari saat ini yang luasnya 13.000 m2 menjadi dua kali lipatnya 26.000 m2 dan memperpanjang runway menjadi 3000 m agar bisa didarati pesawat berbadan besar (wide body) seperti Airbus 330 dan Boeing 777.

Foto: Kementerian Perhubungan

Be the first to comment

Leave a Reply