Pembangunan Bandara Lebak Belum Dapat Restu Kementerian Perhubungan



Rencana perusahaan penerbangan Lion Group untuk membangun bandara di Lebak, Banten, ternyata tidak berjalan mulus. Pasalnya rencana itu belum mendapatkan restu dari Kementerian Perhubungan selaku regulator penerbangan di Indonesia.

Kementerian Perhubungan mengaku masih belum yakin terhadap kajian rencana proyek pembangunan bandara di Lebak. Kementerian Perhubungan beralasan kajian yang dilakukan oleh PT Maja Raya Indah Semesta selaku pengembang dan inisiator proyek belum memenuhi aspek keselamatan, khususnya terkait dengan ruang udara atau airspace.

“Ini semua yang melakukan perhitungan dan desain harus dilakukan PT Maja Raya Indah Semesta. Mereka harus membuat kajian yang lebih mendetail dan harus bisa meyakinkan kami jika secara safety itu bisa diterima. Jadi faktor yang paling utama bagi kami adalah safety,” kata Direktur Navigasi Penerbangan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Novie Riyanto.

Menurut Kementerian Perhubungan, bandara baru di Lebak harus memenuhi persyaratan dari sisi ruang udara karena di udara sekitar Lebak juga menjadi ruang udara bagi bandara lain seperti Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Pondok Cabe, Bandara Curug, dan Bandara Halim Perdanakusuma.

Foto: Andika Primasiwi/PhotoV2.com for Indo-Aviation.com

Be the first to comment

Leave a Reply