Pelita Berencana Bangun Terminal Baru di Bandara Pondok Cabe



Pelita Air Service, anak perusahaan Pertamina yang bergerak di sektor penerbangan, berencana membangun terminal baru di Bandara Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten. Bandara Pondok Cabe sendiri merupakan bandara yang dimiliki oleh Pertamina.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Pelita Air Service Rifky E. Hardijanto mengatakan bahwa pembangunan terminal baru ini dilakukan untuk mendukung operasional maskapai penerbangan Garuda Indonesia di Bandara Pondok Cabe mulai Maret 2016 nanti. Gedung terminal baru diharapkan bisa menampung 600.000 penumpang per tahun. “Tahap awal kita perhitungkan 600.000 passenger per tahun,” ujar dia.

Meskipun demikian, pembangunan terminal baru kemungkinan belum akan dilakukan dalam waktu dekat. Untuk sementara operasional penerbangan Garuda Indonesia masih bisa memanfaatkan gedung terminal lama yang sudah ada sekarang. “Memang kita punya perencanaan bikin terminal, tapi apakah kita gunakan desain lama. Kita lihat dulu antusiasme publik,” tambahnya.

Menurut rencana, Garuda Indonesia akan melayani 25 penerbangan sehari dari Bandara Pondok Cabe yang mencakup delapan rute penerbangan, yaitu menuju Palembang, Lubuk Linggau, Bandar Lampung, Semarang, Yogyakarta, Ketapang, Pangkalan Bun, dan Samarinda. Garuda Indonesia juga sedang mempertimbangkan dua kota lainnya seperti Cilacap dan Cepu. Operasional penerbangan menuju kota-kota itu akan dilayani menggunakan pesawat baling-baling ATR 72-600 berkapasitas 70 kursi kelas ekonomi.

Foto: Istimewa

Be the first to comment

Leave a Reply