Pelita Air Service Dapatkan Suntikan Dana Rp 100 Miliar dari Pertamina



Perusahaan penerbangan Pelita Air Service mendapatkan guyuran dana dari induknya, Pertamina. Dana itu rencananya akan digunakan untuk pengembangan dan renovasi Bandara Pondok Cabe yang berada di Tangerang Selatan, Banten, sebelum digunakan oleh Garuda Indonesia untuk melayani penerbangan komersial. Seperti diketahui, Bandara Pondok Cabe dimiliki oleh Pertamina dan dikelola oleh Pelita Air Service.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Pelita Air Service Rifky E. Hardijanto mengatakan bahwa suntikan dana sebesar Rp 100 miliar bersifat untuk perawatan bandara agar siap ketika Garuda Indonesia mulai mengoperasikan penerbangan di Bandara Pondok Cabe pada Maret 2016. “Investasi yang sifatnya maintenance, saat ini Rp 100 miliar,” ujar dia.

Rencananya, uang sebesar Rp 100 miliar akan digunakan oleh Pelita Air Service untuk mengaspal ulang landasan pacu (runway) bandara dan renovasi fasilitas lainnya. “Kita lakukan overlay ulang. Terakhir dilakukan tahun 1986. Ini dilakukan supaya tidak menibulkan Foreign Object Damage misalnya kerikil lepas dari runway dan mengenai pesawat,” tambahnya.

Selain itu, Pelita Air Service akan meninggikan pagar agar orang yang tidak berkepentingan tidak bisa masuk ke dalam area terlarang di sisi udara, seperti landasan pacu. Perusahaan juga akan melakukan pembaruan berbagai instrumen dan peralatan rambu-rambu pemandu udara hingga navigasi udara. Untuk melayani kedatangan dan keberangkatan penumpang, Pelita Air Service masih memanfaatkan bangunan terminal lama yang sudah memiliki fasilitas check in counter, baggage handling, hingga ground handling.

Foto: Wikimedia

Be the first to comment

Leave a Reply