Miracle on The Hudson: Mendarat Darurat di Sungai Hudson



Pada 15 Januari 2009, dunia penerbangan dikejutkan dengan peristiwa “Miracle on the Hudson”. Sebuah Airbus A320 yang dioperasikan US Airways mendarat darurat di sungai Hudson, New York, setelah kedua mesinnya mati. Penerbangan bernomor 1549 itu dipiloti oleh Captain Chesley “Sully” Sullenberger dan Copilot 1st Officer Jeffrey Skiles.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Seratus limapuluh lima orang dalam penerbangan itu selamat. Hanya 5 orang luka berat. Penumpang lainnya mengalami luka ringan, dan sebagian besar selamat tanpa cidera sedikit pun.

Hasil penyelidikan NTSB menyebutkan, kecelakaan itu dipicu adanya bird strike. Bird strike terjadi sekitar pukul 15:27 waktu setempat. Berdasar trasnkrip CVR (Cockpit Voice Recorder), pada pukul 15:27:10, Captain mengucapkan kata “birds” dan sedetik kemudian CVR merekam suara benturan dan dentuman, diikuti suara getaran yang hebat. Di sisi lain FDR (Flight Data Recorder) merekam, peristiwa itu terjadi pada ketinggian 2.818 kaki (sekitar 900 meter di atas permukaan tanah), sekitar 7 km sebelah utara barat daya runway 22 La Guardia Airport (LGA).

Hanya beberapa detik setelah bird strike terjadi, data-data CVR dan FDR saling menunjang. FDR mengindikasikan mesin kiri dan kanan perlahan kehilangan daya dan mati. Data CVR pun mendukung. Suara kedua awak kokpit mengindikasikan mereka sedang berusaha untuk menyalakaan kembali kedua mesin pesawat, namun gagal.

Pasca peristiwa nahas itu, sekuens peristiwa “Miracle on The Hudson” sempat dituliskan menjadi beberapa buku. Yang terbaru, kisah emergency landing Captain Chesley “Sully” Sullenberger diangkat ke layar lebar oleh Clint Eastwood. Kisah film berjudul Sully garapan Eastwood itu diambil dari buku berjudul “Highest Duty by Sullenberger and Jeffrey Zaslow”. Dalam film itu, Sully diperankan oleh Tom Hanks, sementara Jeffrey Zaslow diperankan oleh Aaron Eckhart.

Dalam Sully, Clint Eastwood tidak menggambarkan reka ulang peristiwa, tetapi lebih ke drama dan trauma pasca kecelakaan. Pada film rilisan Warner Bros. Pictures itu, Eastwood menggambarkan Sully sebagai orang yang sangat bertanggung jawab dan mengerti pekerjaan. Sully memastikan semua penumpangnya selamat. Sully pun menjadi orang terakhir yang keluar dari pesawat dengan membawa berkas-berkas yang berguna untuk pemeriksaan.

Foto: AP Photo/Edouard H. R. Gluck

Be the first to comment

Leave a Reply