Mesin dan Sayap 777-300ER Singapore Air Terbakar



Sebuah Boeing 777-300 ER Singapore Airlines SQ368 tujuan Milan dikabarkan mengalami kerusakan mesin dan berhasil mendarat kembali di Changi, Singapura, (27/6). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Sedianya 777-300 ER tersebut tengah dalam penerbangan dari Singapura ke Milan membawa 222 penumpang dan 19 awak pesawat. Sekitar dua jam setelah tinggal landas, pesawat mengalami kerusakan mesin bagian kanan. Awak kokpit pun memutuskan untuk kembali ke Changi, dan pesawat berhasil mendarat kembali pada pukul 6.50 pagi waktu setempat. Namun rupanya kerusakan mesin tersebut berbuntut pada munculnya api pada mesin dan membakar sisi sayap sebelah kanan pesawat. Pihak tanggap darurat bandara segera berusaha memadamkan api. Seluruh penumpang dan awak pesawat dilaporkan selamat.

“Para penumpang keluar melalui tangga dan diangkut menuju gedung terminal menggunakan bus. Para penumpang akan dialihkan ke pesawat lain yang juga akan terbang ke Milan pada hari ini,” ujar Singapore Air dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Reuters. Sumber lain: Chanel New Asia menyebutkan pesawat tersebut berangkat pukul 2.05 dini hari waktu setempat. Namun, dua jam kemudian pilot mengumumkan telah terjadi kerusakan mesin dan pesawat harus kembali ke Singapura.

Sejumlah testimoni, gambar dan video tentang peristiwa tersebut muncul di berbagai jaring media sosial.

“Lima menit yang sangat mendebarkan! Menyaksikan mesin terbakar dan petugas pemadam memadamkannya! Mereka menyiramkan foam dan air ke api dan seketika api pun padam. Kami sangat dekat dengan kematian!” tulis seorang penumpang, Lee Bee Yee di akun Facebook-nya, seperti dikutip The Gurdian.

Hingga kini belum diperoleh kabar pasti tentang penyebab kerusakan mesin tersebut. Pesawat berusia 10 tahun itu menggunakan mesin GE90 buatan General Electric. Pilot disebutkan telah melakukan prosedur yang semestinya dengan memutuskan untuk kembali ke base, membuang bahan bakar selama perjalanan, dan mendarat selamat di Changi.

Foto: Reuters/Bee Yee/Handout