Merpati Masih Bisa Beroperasi Kembali, Ini Syarat dari Kemenhub



Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatakan bahwa maskapai penerbangan Merpati Nusantara Airlines masih bisa beroperasi kembali. Namun, perusahaan penerbangan plat merah itu harus memenuhi beberapa persyaratan sebelum bisa menjalankan aktivitas penerbangan.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan J. A. Barata mengatakan bahwa salah satu syarat yang wajib dipenuhi oleh Merpati Nusantara Airlines untuk bisa hidup kembali adalah dengan mengoperasikan minimal 10 pesawat, yang terdiri dari sedikitnya lima pesawat berstatus milik dan lima pesawat lainnya berstatus sewa.

“Itu untuk jaminan bahwa dia bisa melakukan pelayanan berjadwal atau rutin. Dia harus mengikuti (syarat). Jadi ada lima pesawat yang dimiliki, ada lima pesawat yang dikuasai (leasing atau sewa). Kalau leasing tiga juga tidak bisa, semuanya harus 10,” ujar Barata.

Selain itu, Barata menuturkan, sebagai sebuah maskapai penerbangan juga harus memiliki sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni, khususnya pada posisi direktur operasi. Sementara pesawat-pesawat akan dilakukan pengecekan secara rutin oleh Kementerian Perhubungan. “Misalnya direktur operasi yang harus pilot. Nanti ada lagi beberapa persyaratan lain. Setiap SDM di penerbangan kan harus ada persyaratannya,” kata dia.

Barata mengaskan bahwa persyaratan yang diberikan kepada Merpati Nusantara Airlines tidak ada bedanya dengan maskapai-maskapai penerbangan lain, baik itu BUMN maupun swasta. “Kami tidak masalah. Mau BUMN atau swasta, itu sama saja tapi Merpati itu kan BUMN ya, jadi kaitannya, masalah manajemen dan administrasinya, yang tahu harusnya BUMN,” ungkapnya.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno sendiri sudah mengungkapkan rencana pemerintah yang ingin melepas 100 persen saham Merpati Nusantara Airlines kepada swasta agar perusahaan penerbangan itu bisa hidup kembali. Namun, jika tidak investor yang berminat, pemerintah akan menyuntik mati atau melikuidasi total Merpati Nusantara Airlines.

Foto: Istimewa

Be the first to comment

Leave a Reply