Menteri Perhubungan Ingin Runway Bandara Trunojoyo Diperpanjang



Menteri Perhubungan Ignasius Jonan meminta runway atau landasan pacu Bandara Trunojoyo Sumenep diperpanjang sehingga bisa melayani penerbangan komersial. Selama ini Bandara Trunojoyo hanya melayani penerbangan perintis yang dioperasikan oleh maskapai penerbangan Susi Air menggunakan pesawat berkapasitas kecil.

Jonan mengatakan, agar bisa melayani penerbangan komersial, paling tidak runway Bandara Trunojoyo diperpanjang menjadi 1.400 meter. “Runway Bandara Trunojoyo harus diperpanjang menjadi 1.400 atau 1.600 meter. Kualitas landasan juga harus ditingkatkan. Kalau lahannya ada, Kementerian Perhubungan akan menyiapkan anggaran untuk pengembangannya,” kata Jonan.

Menurut Jonan, perpanjangan runway perlu dilakukan agar pesawat yang berukuran lebih besar bisa beroperasi di Bandara Trunojoyo sehingga harga tiket yang dipatok lebih terjangkau. “Minimal jenis pesawat ATR 42 lah. Syukur-syukur kalau bisa ATR 72. Kalau penumpang banyak kan tiketnya nggak mahal, nggak perlu disubsidi lagi,” ujarnya.

Foto: Istimewa 

Be the first to comment

Leave a Reply