Menteri BUMN Ingin Pelita Air Service Jadi Besar Seperti Citilink



Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mendorong perusahaan-perusahaan BUMN untuk melakukan sinergi untuk memaksimalkan kemampuan masing-masing perusahaan. Baru-baru ini Kementerian BUMN baru saja mensinergikan antara maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia dan PT Pertamina.

Dalam kerjasama antara kedua perusahaan, Garuda Indonesia akan memanfaatkan Bandara Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, yang dimiliki oleh Pertamina untuk operasional penerbangan komersial jarak pendek. Bandara Pondok Cabe sendiri dikelola oleh anak usaha Pertamina, Pelita Air Service. “Saya ingin tekankan fokus hal-hal yang punya kemampuan di bidang itu, tolong saudara yang ada di kemampuan itu bisa bersinergi. Contoh yang paling utama, Pertamina punya Pelita. Pertamina punya aktivitas di berbagai area yang masih sulit terjangkau. Harus siapkan landasan, transportasi udara,” tutur dia.

Rini mengaku merasa bangga Garuda Indonesia berhasil membesarkan anak usahanya, Citilink Indonesia. Menurutnya ini bisa menjadi peluang sinergi, yaitu dengan membuat program kerjasama antara Pelita Air Service dengan Garuda Indonesia agar bisa menjadi maskapai penerbangan besar seperti Citilink Indonesia. “Citilink yang alhamdulillah sudah sehat, 2015 sudah untung, dan sudah warna hijau, biru kali ya. Itu suatu keberhasilan dari Garuda. Ini salah satu yang saya harapkan Pelita kerjasama dengan Garuda supaya punya keuntungan yang lebih tinggi, lebih dapat diefisiensikan, dan pemanfaatan bandara lebih optimum,” kata Rini.

Selain itu, Rini juga berharap agar tiket penerbangan Garuda Indonesia bisa diperjualbelikan di SPBU-SPBU yang dimiliki oleh Pertamina. “Harapannya bisa tingkatkan kinerja dengan sinergi dari investasi yang dilakukan dua perusahaan supaya manfaat bisa lebih luas dan profitabilitas yang lebih. Saya bilang ke Pak Arif (Direktur Utama Garuda Indonesia) dan Pertamina. Saya akan ikuti terus,” sembari menambahkan bahwa penerbangan Garuda Indonesia di Bandara Pondok Cabe akan dimulai pada Maret 2016.

Foto: Istimewa

Be the first to comment

Leave a Reply