Menpar Dorong Lion Air Terbangi Tanjung Pandan



Pada Kamis (4/5), Menteri Pariwisata Arief Yahya mendatangi markas Lion Air di Jakarta. Ini merupakan kali kedua dia ditemui Rusdi Kirana, pimpinan Lion Air Group.

Menpar Arief langsung ditemui oleh Owner Lion Air Group Rusdi Kirana yang didampingi Edward Sirait, CEO Lion Group, Rudy Lumingkewas, CEO Lion Air, Achmad Hasan, CEO Wings Air, Rama Chandra, CEO Malindo (Malaysia), dan Darsito Hendroseputro, CEO Thai Lion Air yang Minggu sebelumnya bertemu di Bangkok, di sela-sela WTTC – UNWTO Ministrial Dialogue itu.

Lion Air melaporkan beberapa kemajuan setelah pertemuan dengan Menpar Arief sebelumnya. “Jumlah penerbangan ke Manado dari China yang sekarang menjadi 3 kali sehari, mampu mengangkut 2.400 wisman,” kata Rusdi Kirana.

Secara khusus Arief mendorong Lion Air Group untuk membuka rute ke Tanjung Pandan Belitung yang sudah menjadi International Airport. Malindo tertarik untuk menerbanginya dari Subang Airport Kuala Lumpur. “Bandara Internasional Belitung sudah siap dioperasikan, silakan Lion Group masuk, dan membuka direct flight ke Negeri Laskar Pelangi,” tutur Arief.

Arief juga mendorong Lion Air Group untuk membuka lebih banyak rute ke Bali dan Lombok dari Kuala Lumpur, serta “direct flight” dari India yang saat ini belum ada. “India sangat potensial, saat 2016 yang belum ada direct fligjt saja sudah ada 300.000 wisman dari India yang datang ke Indonesia per tahun. Berarti per hari ada sekitar 1000 orang? Potensi ini belum digarap!” ungkap Arief Yahya.

Kemenpar dan Lion Air Group akan bekerjasama dalam “media placement” untuk kota-kota asal wisman di India, China, dan Thailand yang diterbangi maskapai Lion Air Group

Foto: Joe Roland S. Bokau / IndoAviation.co.id

Be the first to comment

Leave a Reply