Menjadi ‘Orang Desa’ di Omah Kecebong



Omah Kecebong merupakan guest house bernuansa pedesaan. Namanya diambil dari nama Dusun Sendari yang juga disebut Cebongan. Foto: Sriwijaya Magazine / Omah Kecebong.

Omah Kecebong merupakan fasilitas guest house yang kental dengan nuansa pedesaan. Namanya sendiri diambil dari nama Dusun Sendari yang juga disebut Cebongan. Omah Kecebong berdiri di lahan pedesaan yang suasananya sangat asri. Pemilihaan lokasinya bukan tanpa alasan karena sang pemilik memang ingin memberikan tak hanya fasilitas menginap tapi juga pengalaman wisata pedesaan dengan cara melakukan aneka kegiatan yang biasa dilakukan oleh orang desa.

Kegiatan yang ditawarkan oleh Omah Kecebong sangat beragam mulai dari belajar tentang kebun hortikultura dan pertanian, naik gerobak sapi, belajar membatik, belajar sejarah tentang selokan Mataram jaman penjajahan Jepang, bersepeda ke Merapi, membajak sawah, melongok sentra perajin bambu atau tur ke Candi Borobudur di Magelang. Setelah proses check-in, tamu bisa mendapatkan gambaran dan memutuskan aktivitas apa yang akan dilakukan untuk berinteraksi dengan masyarakat dusun dan menyatu dengan alam.

Meski suasana pedesaan, demi kenyamanan para tamu semua guesthouse di Omah Kecebong dilengkapi dengan fasilitas wi-fi, Air Conditioner, dan televisi layar datar. Ada empat jenis guesthouse yang semuanya memiliki desain bangunan tradisional yakni Omah Bamboe, Omah Lawas, Omah Antik, dan Omah Gladak. Diantara keempat tipe tersebut, Omah Bamboe memiliki desain berbeda yakni dinding dari anyaman bambu. Sedangkan tiga tipe lainnya didesain seperti bangunan jawa berbahan kayu dan kental dengan ukiran khasnya. Omah Gladak adalah yang terbesar dengan fasilitas dapur dan ruang makan.

Omah Kecebong juga terkenal akan citarasa otentik menu-menu lokal yang bisa dinikmati di fasilitas restoran. Dua menu andalannya yakni Nasi Bakar dan Sayur Oseng Lompong. Fasilitas restoran ini tidak hanya bisa dinikmati tamu guest house saja, tamu luar pun bisa menikmatinya. Suasana Resto Kecebong yang akrab dengan pedesaan sangat cocok untuk makan bersama pasangan, keluarga tercinta, ataupun kolega dan sahabat dekat anda. Resto Omah Kecebong dapat menampung sampai dengan lebih dari 50 pax, dapat menampung acara fine dining maupun gathering keluarga atau perusahaan.

Artikel ini merupakan kerjasama dengan Sriwijaya Magazine.

Be the first to comment

Leave a Reply