Menhub Minta Tumpahan Avtur pada Pesawat Lion Air Diinvestigasi



Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi telah memanggil manajemen maskapai Lion Air untuk memberikan klarifikasi terhadap dua hal, yaitu tingkat pelayanan yang makin menurun, dengan indikasi sering terjadinya keterlambatan dan komitmen terhadap pemenuhan ketentuan tentang keselamatan dan keamanan penerbangan, dengan adanya ceceran avtur dari sayap pesawat Lion Air di Bandar Udara Juanda Surabaya.

Pada kesempatan tetsebut, Menhub yang didampingi Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso dan jajarannya. “Terkait dengan pemenuhan dua hal tersebut,  saya minta Lion Air dapat memenuhi standar pelayanan penumpang dan meningkatkan pemenuhan terhadap standar keselamatan dan keamanan,” tegas Menhub Budi.

Lebih lanjut Menhub memerintahkan Ditjen Perhubungan Udara untuk melakukan investagasi terhadap kejadian tumpahnya avtur yang melibatkan pesawat Lion Air. Adapun maskapai Lion Air sendiri juga diminta untuk melakukan investigasi internal dan melaporkan hasilnya kepada Kemenhub.

“Saya minta kepada Dirjen Perhubungan Udara untuk lakukan investigasi, apakah ini hanya terjadi pada maskapai Lion Air, ataukah terjadi juga pada jenis pesawat serupa pada maskapai yang lain,” ujarnya.

Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso menegaskan komitmen jajaran Ditjen Perhubungan Udara untuk tidak memberi toleransi terhadap hal-hal yang mengganggu keselamatan penerbangan. Agus meminta komitmen Lion Air terhadap beberapa hal yang menjadi penyebab beberapa kejadian akhir-akhir ini.

Menhub sendiri memberi perhatian serius kepada maskapai penerbangan yang ditemukan banyak kejadian terkait keselamatan dan keamanan penerbangan. Perhatian tersebut untuk  memastikan kejadian serupa tidak terjadi lagi, dan mencegah kejadian yang sudah terjadi berubah menjadi kejadian yang lebih serius.

Foto: Joe Roland S Bokau / Indoaviation.co.id

Be the first to comment

Leave a Reply