Anak-anak TK Belajar Mengenal Operasi Penerbangan di Bandara Haluoleo



Anak-anak TK Aulia diajak untuk mengenal operasi penerbangan di Bandara Haluoleo, Kendari, khususnya tentang operasi PKP-PK. Foto: Bandara Hakuoleo

Siswa-siswi Taman Kanak-kanak (TK) Aulia Persatuan Istri Purnawirawan TNI dan Polri di Kendari bermain ke Bandara Haluoleo, Kendari. Bukan bermain seperti biasanya, tapi siswa-siswi berusia 4-5 tahun ini bermain sambil belajar mengenal operasi penerbangan di bandara, khususnya operasi Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK).

Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Haluoleo, Kendari, Rudi Richardo mengatakan, pengenalan budaya keamanan dan keselamatan penerbangan pada anak mempunyai manfaat jangka panjang. “Manfaatnya tentu saja banyak. Salah satunya, dapat menciptakan pondasi dalam membentuk karakter anak untuk menghargai peraturan dan prosedur penerbangan, temasuk menghargai personel penerbangan yang sedang bertugas,” katanya di Kendari, Kamis (22/3/2018).

Siswa-siswi TK yang didampingi oleh kepala sekolah dan para guru mereka itu memang dikenalkan lebih dekat dengan sistem operasi penerbangan di bandara. Di samping itu juga, anjangsana ini sebagai wahana literasi bagi anak-anak TK agar memahami budaya keamanan dan keselamatan penerbangan sejak usia dini.

“Jika ditanya kapan waktu yang tepat untuk menentukan kesuksesan dan keberhasilan seseorang, maka jawabannya adalah pada saat mereka masih usia dini. Pada usia tersebut merupakan waktu yang tepat untuk mereka mengerti apa yang dilihat, didengar, dan mereka rasakan. Namu karena mereka belum bisa mencerna dengan baik, pembentukan karakter sangat penting digaungkan,” ucap Rudi, seraya menambahkan bahwa kegiatan tersebut, selain investasi jangka panjang juga untuk memupuk keterampilan teknik mereka, khususnya di dunia penerbangan.

Kunjungan siswa-siswi TK dan sekolah dasar (SD) di Kota Kendari dan Kabupaten Konawe Selatan ke Bandara Haluoleo rutin dilakukan. Kegiatan ini menjadi agenda sekolah-sekolah tersebut, juga sebagai implementasi dari program kerja Bandara Haluoleo.

Be the first to comment

Leave a Reply