Inilah Lima Maskapai Teraman di Dunia



Transportasi udara rupanya masih menjadi sarana transportasi paling aman di dunia dengan tingkat kecelakaan yang rendah, kendati para traveler sempat takut terbang seiring isu kecelakaan pesawat pada tahun 2014 sehingga keamanan jadi pertimbangan paling penting.

Belum lama ini, AirlineRatings.com merilis daftar maskapai paling aman di tahun 2015, di mana penilaian sistem yang digunakan berasal dari semua catatan kecelakaan dan segala faktor keamanan dari maskapai tersebut. Data dari FAA dan ICAO juga dipergunakan.

Ada 449 maskapai yang dinilai dengan 149 maskapai di antaranya punya bintang tujuh dalam kualitas keamanan sementara ada 50 maskapai yang hanya berbintang 3 atau bahkan kurang. Berikut daftar 5 maskapai paling aman di tahun 2015 berdasarkan urutan alfabetis.

qantas

1. Qantas

Maskapai penerbangan nasional Australia ini berasal dari nama “Queensland and Northern Territory Aerial Services” dan akrab dengan julukan “The Flying Kangaroo” dan berpusat di Sydney. Qantas merupakan maskapai tertua ketiga di dunia.

Qantas dinobatkan AirlineRatings.com sebagai maskapai paling aman di dunia tahun 2015, dengan berbagai penilaian dan pertimbangan bahwa faktanya maskapai Australia ini memiliki catatan yang bersih terhadap masalah kecelakaan selama era jet.

Air_New_Zealand_Airbus_A320_Airbus

2. Air New Zealand

Berada di bawah Qantas ada Air New Zealand, sebagai maskapai penerbangan teraman 2015 versi AirlineRatings.com. Maskapai milik Selandia Baru ini memiliki rating 7 atau yang tertinggi dalam hal keamanan layaknya maskapai lain yang berada di jajaran lima besar .

Cikal bakal berdirinya maskapai ini tak lain adalah Tasman Empire Airways Limited (Teal) dan mulai berdiri pada tahun 1940 dimana  merupakan. Pemerintah Selandia Baru mengakuisisi perusahaan tersebut dan mengganti namanya menjadi Air New Zealand.

Emirates-Airbus-A340-300-Istimewa-001

3. Emirates

Emirates adalah maskapai penerbangan yang berpusat di Bandara Internasional Dubai, Uni Emirat Arab. Sejak berdiri pada 1985, perkembangan pesat ditunjukkan maskapai ini,di tahun 2000-an dimana saat itu maskapai lain sedang berjuang untuk bertahan dari kebangkrutan.

Total, 170 buah pesawat dioperasikan Emirates, yang melayani 120 rute penerbangan di seluruh dunia. Banyak penghargaan yang telah diraih maskapai ini. Di tahun ini saja mereka mendapatkan penghargaan sebagai maskapai teraman di dunia dari AirlineRatings.com. Selain itu maskapai ini juga mendapatkan penghargaan sebagai maskapai dengan hiburan dalam penerbangan terbaik.

Etihad_Airways_Airbus_A340-500_Wikimedia

4. Etihad Airways

Etihad Airways juga dinobatkan sebagai maskapai penerbangan paling aman tahun 2015. Rating keamanan maskapai penerbangan asal Uni Emirat Arab itu mendapatkan bintang 7 yang berarti adalah memiliki tingkat keamanan tertinggi.

Setelah 15 tahun berdiri atau sejak 2013, Etihad telah bertransformasi menjadi salah satu maskapai paling berpengaruh dan memiliki penghargaan yang sangat banyak. Fasilitas keren juga menyertai maskapai ini salah satunya “Etihad Wi-Fly” yang memungkinkan penumpang dapat mengakses internet berkecepatan tinggi selama terbang.

BRITISH_AIRWAYS_A380_3

5. British Airways

British Airways adalah sebuah maskapai penerbangan terbesar di Britania Raya yang juga menjadi salah satu maskapai penerbangan yang menjadi perintis penggunaan tempat tidur dalam kabin untuk penerbangan jarak jauh.

Dengan rating keamanan yang berbintang 7 maka tak heran jika maskapai ini menjadi salah satu maskapai yang paling aman tahun 2015 menurut situs AirlineRatings.com. Maskapai ini merupakan hasil merger dua maskapai yang mendominasi langit Inggris tahun 1970-an, yaitu British Overseas Airways Corporation (BOAC) and British European Airways Corporation yang kemudian namanya diubah menjadi British Airways.

Foto: Istimewa, Airbus, Wikimedia

Be the first to comment

Leave a Reply