Menerbangkan Pesawat Tanpa Type Rating, Seorang Pria Dihukum Penjara



Pada 27 April 2016, Arnold Gerald Leto III ditangkap atas tuduhan menerbangkan pesawat secara ilegal pribadi dari Los Angeles ke Las Vegas tanpa lisensi pilot.

FlyingMag melansir pada Kamis (27/4), Departemen Kehakiman Amerika Serikat dan Federal Aviation Administration (FAA) menetapkan bahwa Leto secara ilegal mengujicoba sejumlah penerbangan yang dimulai setidaknya pada tahun 2015, dan akhirnya dia mengaku bersalah atas dakwaan tersebut. Pada pekan ini, Leto dijatuhi hukuman 10 bulan penjara dan diharuskan membayar denda 5.500 dolar Amerika.

Pada bulan Januari 2015, Leto membawa penumpang yang membayar dari Santa Monica, negara bagian California ke Phoenic, meskipun tidak pernah menerima type rating untuk pesawat bertenaga jet. Untuk perjalanan itu, dia bertugas sebagai pilot tunggal pada pesawat Cessna Citation, Sebulan kemudian, ia menerika sertifikasi untuk dijadikan second-in-command pada pesawat Citation, namun mengabaikan peruntukkan tersebut dan meneruskan untuk terbang solo.

Pada bulan April 2015, dia menerbangkan sebuah pesawat Citation sebanyak 2 kali. Pertama dari Burbank menuju Bermudan Dunes, California. Kedua, dari Santa Monica menuju Bentonville, negara bagian Arkansas.

Penerbangan terakhir Leto terjadi pada 8 April 2016, saat dia menjadi pilot tunggal pada pesawat Falcon 10 dalam perjalanan dari Bandara Van Nuys di Los Angeles menuju Las Vegas, dengan 8 orang penumpang. Pada titik ini, FAA telah mencabut sertifikasi pilot yang dimilikinya. Leto tidak pernah menerima type rating Falcon 10, yang dalam kasus ini, menurut pengaduan kriminal, memerlukan dua pilot.

“Regulasi federal yang mengatur pengoperasian pesawat terbang dan operator umum lainnya dirancang untuk melindungi  masyarakat yang bepergian,” kata Eileen M. Decker, Jaksa Amerika Serikat setelah penangkapan Leto pada 2016 lalu.

“Investigasi terhadap Tuan Leto menunjukkan bahwa dia secara mencolok melanggar peraturan ini – dan terus melakukannya setelah FAA mengambil tindakan untuk membawanya keluar dari udara. Investigas cepat dan menyeluruh oleh Departemen Transportasi kini telah meningkatkan keamanan semua penumpang udara,” jelas Decker.

Foto: Wikimedia

Be the first to comment

Leave a Reply