Maret, Garuda Direncanakan Terbangi Rute Kaimana-Ambon dan Kaimana-Manokwari



Mulai Maret 2017, pemerintah Kabupaten Kaimana, Papua Barat, berencana bekerja sama dengan Garuda membuka penerbangan Kaimana-Ambon (Maluku), dan Kaimana-Manokwari mulai Maret 2017. Maskapai itu memang diharapkan guna melayani penerbangan di Kaimana

Seperti diungkapkan Bupati Kaimana Matias Mairuma, penerbangan itu direncanakan dengan pola subsidi dari pemkab dengan harapan mendongkrak kunjungan wisatawan.

“Rancangan nota kesepahamannya sudah siap dan sudah kami kirim ke kantor pusat Garuda di Cengkareng. Dalam waktu dekat MoU tersebut ditandatangani,” kata Bupati Matias seperti dilansir Antara.

Dikatakan, subsidi melalui APBD berupa pengisian 15 kursi penerbangan dari dan ke Kaimana. “Kami sudah beberapa kali rapat bersama pihak maskapai, baik dengan cabangnya di Ambon maupun kantor pusat di Cengkareng,” katanya.

Mtias menuturkan, pihak maskapai awalnya akan mengalihkan pesawat Garuda di Sumatra ke Kaimana, tetapi dibatalkan karena persoalan teknis.

Pendekatan subsidi dilakukan untuk menarik pesawat Garuda agar segera beroperasi di Kaimana. Kalau penerbangan Garuda, kepariwisataan Kaimana pasti berkembang, katanya.

Pada rapat di kantor pusat beberapa waktu lalu, lanjut Mathias, Garuda tahun ini mengadakan 15 pesawat jenis ATR 600. Beberapa unit di antaranya akan diarahkan ke Kaimana.

“Kaimana- Ambon untuk membuka akses wisatawan dari Kawasan Indonesia Barat. Sementara Kaimana-Manokwari untuk wisatawan dari wilayah Papua dan Papua Barat,” ujarnya.

Foto: Joe Roland S Bokau / Indo-Aviation.com