Manajemen Lion Air Dipanggil Ke Kemenhub



Seiring dengan terjadinya delay yang dialami oleh maskapai penerbangan Lion Air, pada Senin (3/4) pagi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memanggil manajemen Lion Air ke Kementerian Perhubungan RI di Jakarta.

“Tadi pagi, Bapak Menteri Perhubungan (Budi Karya Sumadi) telah memberikan arahan-arahan kepada manajemen Lion Air, untuk masalah safety, security dan pelayanan kepada masyarakat. Menhub tidak memberikan toleransi terhadap keselamatan penerbangan,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Agus Santoso di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (3/4).

Managing Director Lion Group, Daniel Putut Kuncoro Adi meminta maaf kepada masyarakat pengguna jasa Lion Air yang merasakan ketidaknyamanan pada beberapa waktu terakhir. Daniel juga mengucapkan terimakasih kepada Menhub yang telah mendapatkan arahan dan bimbingan dan pihaknya telah mencatat, bahkan menjadi komitmen pihaknya untuk melakukan improvement.

Daniel mengatakan, pihaknya menindaklanjuti pertemuan dengan Menhub dan membuat management commitment di Lion Air kepada Kementerian Perhubungan. Daniel juga menegaskan, kekuatan crew di Lion Air adalah 1 berbanding 3,5 dan dengan tipe operasi yang pesat, sehingga pihaknya akan menaikkan indeks menjadi 1 berbanding 5. “Sehingga kebutuhan awak pesawat khususnya pilot dapat membantu operasional kami dengan lancar, khususnya jika terjadi irregularities,” ujar Daniel.

Daniel juga menyebut, ada 2 faktor keterlambatan, yaitu faktor eksternal dan faktor internal. “Yang menjadi concern kami adalah faktor internal. Biasanya faktor internal itu terkait dengan operasional, yang pertama kesiapan dan kondisi pesawat dan kedua adalah kondisi crew. Dan kedua hal irreguralities ini kami sikapi dengan mencoba mencari alternatif untuk memberikan solusi yang terbaik,” ujar Daniel. Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi delay, menurut Daniel yaitu cuaca, traffic (lalu lintas), kondisi-kondisi di bandara.

Foto: Fikri Izzudin Noor / IndoAviation.co.id

Be the first to comment

Leave a Reply