Malindo Air Ekspansi Penerbangan ke Sri Lanka dan Vietnam



Perusahaan penerbangan yang berbasis di Kuala Lumpur, Malindo Air, pada bulan Desember ini akan melakukan ekspansi dengan memulai layanan penerbangan dari Kuala Lumpur (Malaysia) menuju Colombo (Sri Lanka) dan Ho Chi Minh City (Vietnam). Maskapai penerbangan patungan antara National Aerospace and Defence Industries (NADI) asal Malaysia dan Lion Group dari Indonesia itu akan menawarkan layanan penerbangan harian pada kedua rute menggunakan pesawat Boeing 737 Next Generation.

Chief Executive Officer Malindo Air Chandran Rama Muthy mengatakan bahwa perusahaan juga mengincar penerbangan jarak menengah di sejumlah destinasi, seperti Hong Kong, dan Jeddah di Arab Saudi. Berbagai rute penerbangan jarak menengah itu kemungkinan baru akan direalisasikan pada tahun 2016. “Kami telah mendapatkan izin dari pemerintah Malaysia untuk terbang ke Jeddah dan kami sekarang bekerja sama dengan General Authority of Civil Aviation (otoritas penerbangan sipil) di Arab Saudi untuk mendapatkan izin pendaratan,” kata dia.

Maskapai penerbangan yang mengusung konsep hibrid itu juga membuka peluang untuk memperluas ekspansinya di Australia. Belum lama ini Malindo Air meluncurkan penerbangan Kuala Lumpur-Perth sebanyak 11 kali seminggu. Selanjutnya, beberapa kota lain di Australia seperti Melbourne, Sydney, dan Brisbane juga menjadi destinasi potensial untuk dilayani oleh Malindo Air.

Chandran memberikan catatan bahwa penerbangan domestik di Malaysia akan menjadi jenuh, sehingga perusahaan akan lebih banyak fokus pada rute-rute penerbangan menuju China, India, dan berbagai kota di ASEAN. Dia menegaskan akan membangun Kuala Lumpur International Airport 2 (KLIA2) sebagai hub transit bagi penerbangan Malindo Air, khususnya untuk rute penerbangan dari Australia menuju India. “Idenya adalah untuk tumbuh sejauh yang kami bisa… Dan kembali pada tujuan kami untuk menjadikan KLIA2 sebagai hub transit di kawasan,” ujarnya.

Malindo Air saat ini mengoperasikan sebanyak 27 pesawat yang terdiri dari pesawat Boeing 737 Next Generation dan ATR 72. Pesawat-pesawat itu digunakan untuk melayani penerbangan domestik dan internasional seperti Australia, India, Indonesia, Thailand, Bangladesh, Singapura, dan Nepal.

Foto: Istimewa

Be the first to comment

Leave a Reply