Malaysia Airlines Buka Tujuh ‘Base’ Baru di Kuartal Pertama 2016



Maskapai penerbangan Malaysia Airlines berencana membuka setidaknya tujuh base baru untuk para kru penerbangnya yang tersebar di Semenanjung Malaysia, Sabah, dan Serawak, sebagai upaya untuk melakukan desentralisasi operasi penerbangan pesawat Boeing 737-800 sehingga tidak terkumpul di Kuala Lumpur International Airport (KLIA) saja.

Dalam program restrukturisasinya, perusahaan penerbangan nasional Malaysia itu akan memindahkan total 18 pesawat Boeing 737-800 dari Kuala Lumpur International Airport ke Kota Kinabalu, Kucing, Miri, Labuan, Kota Baru, Penang, dan Johor Baru pada Maret 2016. Langkah ini diperkirakan tidak hanya akan memangkas biaya untuk kru penerbangan berupa pengurangan biaya bermalam di kota regional, tetapi juga bisa meningkatkan utilisasi pesawat Boeing 737-800 dari 15 persen menjadi 20 persen.

Malaysia Airlines mengatakan bahwa pembukaan tujuh base baru untuk kru penerbang pada tahun depan akan meningkatkan konektivitas dan tingkat pelayanan pada jaringan rute penerbangan domestik dan menjadi bentuk komitmen perusahaan terhadap masing-masing negara bagian, bisa meningkatkan perekonomian lokal, dan meningkatkan kunjungan wisatawan yang datang ke masing-masing daerah.

Foto: Rick Schlamp/Flickr

Be the first to comment

Leave a Reply