Malaysia Airlines akan Tutup Penerbangan ke Amsterdam dan Paris



Malaysia Airlines, maskapai penerbangan nasional Malaysia, akan menutup seluruh rute penerbangannya ke Eropa, kecuali London Heathrow, mulai tahun depan. Malaysia Airlines memutuskan penerbangan terakhir ke Amsterdam akan dilakukan pada 25 Januari 2016, sedangkan penerbangan terakhir ke Paris dijadwalkan pada 26 Februari 2016.

Perusahaan penerbangan yang berbasis di Kuala Lumpur itu mengatakan bahwa penutupan rute penerbangan ke Amsterdam dan Paris merupakan bagian dari rencana turnaround agar keluar dari jerat kerugian. Sebagai gantinya, Malaysia Airlines akan melayani penerbangan ke Eropa melalui perjanjian kerjasama codeshare dengan Emirates.

Melalui perjanjian kerjasama codeshare itu, Malaysia Airlines akan menempatkan kode penerbangan “MH” miliknya pada penerbangan yang dioperasikan oleh Emirates menuju berbagai kota di Eropa, Amerika, Timur Tengah, dan Afrika. Sebaliknya, kode penerbangan “EK” milik Emirates akan terpasang pada rute penerbangan domestik dan regional di Asia Tenggara serta Asia Pasifik yang dioperasikan oleh Malaysia Airlines.

Khazanah selaku pemegang saham Malaysia Airlines mengatakan bahwa perusahaan akan fokus pada penerbangan regional di Asia dengan mengoperasikan pesawat yang tepat. Imbasnya, Malaysia Airlines akan mengurangi kapasitas kursi penerbangan di rute Kuala Lumpur-London Heathrow yang kini dioperasikan dengan pesawat superjumbo Airbus A380. Pada akhir tahun 2017, Malaysia Airlines akan mengganti peran pesawat Airbus A380 pada rute penerbangan Kuala Lumpur-London Heathrow dengan pesawat yang lebih kecil, Airbus A350-900.

Foto: Istimewa

Be the first to comment

Leave a Reply