Mahasiswa Asal Indonesia Lolos Kompetisi Airbus Fly Your Ideas



Tiga mahasiswa asal Indonesia yang sedang menempuh studi di Instiut d’Administration des Enterprises – IAE Toulouse berhasil lolos dalam ajang kompetisi Fly Your Ideas yang diselenggarakan oleh pabrikan pesawat ternama Eropa, Airbus. Tim yang diberi nama PassEx ini beranggotakan Raisa Rico, Muktar Amin dan Dicky Adhitya Dwiantoro. Gagasan inovatif mereka sukses menembus lebih dari 350 karya lain dalam kompetisi dua-tahunan Airbus yang bekerja sama dengan UNESCO tersebut.

Gagasan dari tim PassEx ini adalah Compact Luggage Strategy (CLS) Mobile App, di mana sistem boarding yang revolusioner ini menggunakan aplikasi ponse real-time untuk menentukan status boarding masing-masing penumpang sesuai dengan ukuran barang bawaannya.

Selain itu, CLS juga merupakan solusi dari masalah penyimpanan di overhead compartment dengan mendistribusikan penumpang di pesawat sesuai dengan ukuran barang bawaan masing-masing.

“Berdasarkan pengalaman kami sebagai traveler dan menggabungkannya dengan pengetahuan kami dalam keterampulan teknis dan keterampilan bisnis, kami sedang merancang proses boarding yang akan meningkatkan pengalaman penumpang dan mengoptimalkan bagasi kabin,” jelas tim PassEx seperti yang dilansir di website Airbus Fly Your Ideas.

Selain tim PassEx, terdapat empat tim finalis lain yang berasal dari Australia, Hong Kong, Nigeria dan Inggris mewakili sembilan kewarganegaraan dan delapan universitas yang di mana mereka akan melakukan perjalanan ke Toulouse dan menghabiskan waktu selama satu minggu di fasilitas Airbus ProtoScape untuk pengujian dan memvisualisasi ide-ide mereka. Para mahasiswa ini, yang berkompetisi untuk meraih hadiah 30.000 euro, juga datang dari berbagai disiplin ilmu, mulai dari sains hingga teknik dan bisnis.

Foto: Airbus Fly Your Ideas

Be the first to comment

Leave a Reply