Lockheed Electra: Pesawat Komersial Turboprop Legendaris



Lockheed L-188 Electra merupakan pesawat turboprop hasil rancangan Lockheed, yang merupakan pesawat turboprop terbesar yang pernah dirakit di Amerika Serikat. Pesawat ini lahir di era jetisasi, di mana kebanyakan maskapai penerbangan lebih melirik pesawat bermesin jet.  Pesawat ini memiliki performa kinerja di lapangan terbang yang tak tertandingi oleh banyak pesawat jet (meskipun hingga saat ini), khususnya pada landasan pacu pendek dan elevasi yang tinggi.

Lockheed telah membentuk posisi yang kuat dalam produksi pesawat sebelumnya, yaitu Lockheed Constellation dan berusaha mendekati maskapai Capital Airlines untuk mengembangkan sebuah pesawat turboprop, tetapi tak banyak maskapai Amerika saat itu yang tertarik dengan pesawat ini, sehingga maskapai mengalihkan perhatiannya dengan memesan 60 unit Vickers Viscount. Pada tahun 1954 perusahaan menawarkan pesawat dengan bermesin ganda CL-303, untuk memenuhi persyaratan American Airlines; dengan desain sayap-tinggi untuk 60 sampai 70 penumpang tapi sekali lagi desain ini gagal menarik operator lainnya. American Airlines kemudian merevisi persyaratan untuk desain bermesin empat untuk 75 penumpang dengan jarak jangkau sejauh 2.000 mil (3.219 km). Lockheed mengusulkan desain baru, CL-310 dengan desain sayap yang rendah dan empat buah mesin Rolls-Royce Dart atau Napier Elands CL-310., yang sesuai persyaratan American Airlines. Tetapi maskapai AS lainnya, Eastern Airlines meninginkan Lockheed menambah kapasitas sebanyak 85 hingga 90 penumpang. Lockheed kemudian memperbesar desain CL-310 untuk menggunakan Allison 501-D13, versi sipil dari T56 dikembangkan untuk pesawat angkut militer Lockheed C-130 Hercules. Desain ini diluncurkan sebagai Model 188 dengan pesanan 35 unit oleh American Airlines pada tanggal 8 Juni 1955, diikuti oleh perintah Eastern Airlines sebanyak 40 unit pada 27 September, 1955. Pesawat pertama membutuhkan waktu selama 26 bulan untuk diselesaikan dan pada saat itu Lockheed mendapat order sebanyak 129 unit. Model 188A, pertama terbang pada 6 Desember 1957 dan mendapatlan sertifikat oleh Federal Aviation Administration (FAA) pada 22 Agustus 1958. Pengiriman pertama untuk Eastern Airlines pada 8 Oktober 1958 tapi tidak beroperasi sampai Januari 1959.

Lockheed L-188 Electra mengadopsi desain sayap rendah (low wing) yang ditenagai oleh mesin Allison 501-D13 turboprop sebanyak 4 unit. Pesawat ini mempunyai 3 unit rectractable landing gear dan desain ekor konvensional. Pesawat ini diawaki oleh 3 cockpit crews dan mampu mengangkut 66 hingga 80 penumpang dengan konfigurasi tertentu, meskipun demikian pesawat ini juga dapat mengangkut 98 penumpang dengan konfigurasi high density. Varian pertama adalah Model 188A, diikuti oleh 188C yang memiliki jarak jangkau yang jauh, dengan kapasitas bahan bakar sebanyak 1000 galon dan maximum takeoff weight 3000 lb lebih ringan.

Sebagai pengguna pertama adalah American Airlines, disusul oleh Eastern Airlines, Braniff Airways dan Northwest Airlines. Electra mengalami awal karier yang bermasalah. Penumpang pesawat mengeluhkan kebisingan di depan kabin sayap, yang disebabkan oleh resonansi pada baling-baling. Lockheed mendesain ulang nacelles mesin, memiringkan mesin atas tiga derajat. Perubahan dimasukkan pada lini produksi pada pertengahan 1959 atau sebagai modifikasi kit pada pesawat yang sudah dibangun, yang mengakibatkan peningkatan kinerja dan memberi rasa nyaman untuk penumpang. Produksi berakhir pada tahun 1961 setelah 170 unit Electra telah diproduksi.

Banyak maskapai penerbangan di AS menerbangkan Electra, tapi satu-satunya maskapai penerbangan Eropa yang  mengoperasikan jenis dari Lockheed adalah KLM yang mengoperasikan Electra sebanyak 12 unit antara September 1959 dan Januari 1969 untuk menghubungkan Eropa dengan Saigon dan Kuala Lumpur. Sedangkan di Asia Tenggara, tercatat Garuda Indonesia (waktu itu Garuda Indonesian Airways) pernah mengoperasikan Electra sebanyak 3 unit (salah satunya mengalami kecelakaan di Manado pada 16 Februari 1967 yang mengakibatkan 22 penumpang dan awak kabin tewas) sejak tahun 1961. Selain itu, ada juga Mandala Airlines yang pernah mengoperasikan Electra di era 1980an hingga 1990an.

Ada beberapa varian Electra, antara lain L-188A, L-188AF (All Freight version), L-188PF (Passenger-Freight version), L-188C (versi jarak jauh), L-188CF (varian kargo untuk L-188C) dan P-3 Orion.

Electra diterbangi oleh 3 awak kokpit, dengan kapasitas sebanyak 98 penumpang. Payload dari Electra sebesar 7.938 kg. Electra memiliki panjang 31,85 meter, bentang sayap 30,18 meter, tinggi 10 meter dan luas sayap sebesar 120,8 meter persegi. Berat kosong dari  pesawat ini sebesar 26.036 kg dengan maximum takeoff weight sebesar 51.256 kg. Lockheed Electra menggunakan 4 buah mesin Allison 501-D13 turboprop, yang setiap mesinnya menghasilkan tenaga sebesar 3.750 eshp atau 2.800 kW. Kecepatan maksimum dari Electra sebesar 721 km/jam pada ketinggian 12.000 kkai, dengan kecepatan jelajah sebesar 600 km/jam. Jarak jangkau dari Electra sejauh 3.540 km dengan berat maksimal dan 4.455 km dengan berat sebesar 7.938 kg dan ketinggian jelajahnya 32.000 kaki.

Foto: Istimewa

Be the first to comment

Leave a Reply