Lion Parcel Terima Penghargaan Inovasi Pelayanan Terbaik



Presiden Direktur Lion Parcel terima penghargaan. Foto: Lion Air Group.

Lion Parcel mendapat penghargaan dari Koran Sindo sebagai perusahaan pengiriman barang dengan inovasi pelayanan terbaik dalam program Inovasi untuk Negeri. Hadir  Presiden Direktur Lion Parcel, Farian Kirana, yang menerima penghargaan langsung dari Pendiri Koran Sindo Hary Tanoesoedibjo.

Pada kesempatan itu, Farian mengatakan, perusahaannya unggul dari 10 perusahaan pengiriman barang besar di Indonesia walau perusahaan di bawah naungan Lion Air Group ini baru berdiri sekitar 3 tahun. “Kami berhasil mendapatkan penghargaan ini setelah melewati masa penilaian sekitar tiga bulan,” ujarnya. Kunci suksesnya meraih penghargaan ini dengan 4 Gratis (4G) yang ditawarkan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). 4G itu gratis pergudangan, pemasaran, pengiriman barang sampai pelanggan, dan pelatihan untuk pelaku usaha. Program 4G sudah berjalan satu tahun. Sudah 3.000 UMKM terdaftar. Sekitar 500 pelaku usaha stok barang di gerai Windows of Indonesia (WOI) Manado.

Nilai transaksi Lion Parcel sendiri sudah mencapai 100 ribu paket per bulan yang tersebar ke seluruh Indonesia. Sebanyak 80 persen transaksi terdiri atas UMKM rintisan yang diambil dari gerai ritel. Lion Parcel sudah memiliki 4.000 gerai.

Farian mengatakan, mayoritas paket yang dikirim berupa garmen, pakaian, hingga makanan kecil khas buatan pelaku usaha nasional. Satu kali pengiriman seberat 2-3 kilogram (kg) mencapai 20 paket per hari per UMKM. Selain itu, Lion Parcel juga bekerja sama dengan gerai online terbesar seperti Zalora, Blibli.com, Sales Stock, Berrybenka hingga Kaskus. Paling banyak pengiriman oleh Zalora sebesar 10 ton sebulan.

Inovasi perusahaan jasa kurir Lion ini terbilang cukup maju.  Pada 31 Agustus Lion Parcel  mengumpulkan 200 kurir di Jakarta untuk bergabung. Tahap kedua akan direkrut 500 kurir. Kegiatan selanjutnya akan diadakan di Bandung dan Surabaya. “Total kami akan mengadakan 1.000 kurir di Indonesia. Sekarang kami baru memiliki 350 kurir,” kata Farian Kirana.

Bulan November mendatang, Lion Parcel juga akan diluncurkan aplikasi khusus pengemudi. Menggunakan aplikasi ini, pengemudi bisa menjemput langsung barang, makanan, dan barang yang diperbaiki di seluruh Indonesia.

 

Be the first to comment

Leave a Reply