Lion Group Enggan Paksakan Proyek Bandara Lebak



Lion Group berencana membangun bandara di kawasan Lebak, Banten. Namun, rencana itu belum mendapatkan izin dari pemerintah melalui Kementerian Perhubungan selaku regulator. Alasannya, proposal pembangunan bandara yang diajukan oleh Lion Group belum memenuhi aspek keamanan dan keselamatan penerbangan.

Presiden Direktur Lion Group Edward Sirait mengaku bahwa pihaknya masih berharap Kementerian Perhubungan memberikan izin pembangunan Bandara Lebak. “Kalau go, akan kami garap. Kalau no, akan kami pikirkan bagaimana tetap bisa memenuhi peningkatan jumlah penumpang. Misalnya nanti hanya dikasih satu jam 30 slot, ya cukup dua runway dengan kapasitas 50 juta penumpang per tahun. Intinya kita tunggu keputusan. Ya memang kepastian penilaian sisi keselamatan penerbangan itu menjadi basic proyek ini feasible atau tidak feasible,” ujar Edward.

Menurut pria yang akrab disapa Edo itu, pembangunan Bandara Lebak diperlukan untuk menyangga Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Halim Perdanakusuma. Saat ini maskapai penerbangan memang kesulitan mendapatkan slot di kedua bandara, terutama di jam-jam sibuk. “Beberapa kota besar dunia banyak yang punya lebih dari tiga bandara dan dikelola dengan baik. Lebak itu perlu dibangun dengan pertimbangan lahan tersedia, tidak jauh dari Jakarta, dan bisa mencakup penumpang yang luber dari Soekarno-Hatta,” paparnya.

Foto: Andika Primasiwi/PhotoV2.com for Indo-Aviation.comĀ 

Be the first to comment

Leave a Reply