Lion Air Sambut Baik Bea Masuk Suku Cadang Pesawat Nol Persen



Dalam kebijakan ekonomi jilid kedelapan, pemerintah membebaskan bea masuk suku cadang pesawat sebagai insentif untuk mendorong berkembangkan industri penerbangan. Langkah pemerintah ini tentu saja disambut baik oleh perusahaan penerbangan swasta terbesar di Indonesia, Lion Group.

Presiden Direktur Lion Group Edward Sirait mengatakan bahwa bea masuk suku cadang pesawat sebesar nol persen akan memberikan dampak positif terhadap industri perawatan dan perbaikan pesawat di Indonesia. “Kita akhirnya sama dengan negara tetangga yang memberikan bea masuk nol. Kedua, akan membantu maskapai dalam perawatan pesawat mempermudah suku cadang itu datang,” ujar Edward.

Menurut Edward, pembebasan bea masuk suku cadang pesawat akan mempermudah maskapai penerbangan dalam merawat pesawat karena suku cadang yang didatangkan secara impor bisa masuk dengan cepat tanpa perlu menunggu proses yang lama di bea cukai. Dia juga mengungkapkan, kebijakan ini bakal menguntungkan maskapai penerbangan yang menggunakan pesawat tua, namun dampaknya tidak terlalu besar bagi maskapai penerbangan dengan pesawat berusia muda. “Jadi dampak akan positif, seberapa besar dampak terhadap operasional pesawat tergantung maskapai. Kalau yang pesawat baru yang belum terlalu banyak pakai spare part tentu pengaruhnya cukup kecil,” pungkas dia.

Foto: Istimewa

Be the first to comment

Leave a Reply