Lion Air Masuk Daftar 22 Maskapai Terburuk di Dunia Versi Skytrax



Selain mengeluarkan daftar maskapai penerbangan terbaik di dunia, rupanya Skytrax Global Airline Ratings juga merilis daftar maskapai penerbangan terburuk di dunia. Dalam daftar itu, maskapai penerbangan berbiaya rendah terbesar di Indonesia, Lion Air, masuk sebagai salah satu dari 22 maskapai penerbangan terburuk di dunia versi SkyTrax. Lalu, apa tanggapan Lion Air masuk dalam daftar 22 maskapai penerbangan terburuk di dunia?

Pada hari ini, Rabu (23/12/2015), Presiden Direktur Lion Group Edward Sirait melakukan konferensi pers terkait dengan tiga kru penerbangan Lion Air yang ditangkap oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Banten ketika sedang melakukan pesta narkoba di sebuah apartemen di wilayah Tangerang, Banten. Namun, ketika diminta tanggapan masuknya Lion Air dalam daftar maskapai penerbangan terburuk di dunia, Edward enggan memberikan komentar. “No comment,” ujarnya.

Skytrax adalah perusahaan konsultan asal Inggris yang melakukan riset mengenai pelayanan maskapai penerbangan, salah satunya menyelenggarakan Skytrax World Airline Awards tiap tahun. Dalam Skytrax World Airline Awards, disebut maskapai-maskapai yang terbaik diberbagai kelas, misalnya seperti maskapai yang kelas ekonominya terbaik, maskapai dengan hiburan terbaik, hingga maskapai dengan awak kabin terbaik.

Dalam daftar 22 maskapai penerbangan terburuk di dunia itu, Lion Air berada di urutan kesembilan bersama dengan 21 maskapai penerbangan lainnya seperti Air Koryo (Korea Utara), Tajik Air (Tajikistan), Sudan Airways (Sudan), Bahamasair (Bahama), Syirianair (Suriah), Spirit Airlines (Amerika Serikat), Turkmenistan Airlines (Turkmenistan), Cubana Airlines (Cuba), Yemenia (Yaman), Iran Air (Iran) Onur Air (Turki), Pegasus Airlines (Turki), Rossiya Airlines (Rusia), Ryanair (Irlandia), Biman Bangladesh (Bangladesh), Bulgaria Aur (Bulgaria), Nepal Airlines (Nepal), SmartWings (Republik Ceko), Ukraine International Airlines (Ukraina), Mahan Air (Iran), dan China United Airlines (China).

Berbeda dengan Lion Air yang mendapatkan predikat sebagai maskapai penerbangan terburuk, maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia justru menorehkan segudang prestasi dari Skytrax. Pada tahun ini misalnya, Garuda Indonesia mendapatkan predikat sebagai maskapai penerbangan bintang lima, urutan kedelapan sebagai maskapai penerbangan terbaik di dunia, dan mendapatkan gelar sebagai maskapai penerbangan dengan awak kabin terbaik di dunia. Di tahun-tahun sebelumnya Garuda Indonesia juga mendapatkan sejumlah penghargaan lain yang tidak kalah mentereng dibandingkan dengan tahun ini.

Foto: Tri Setyo Wijanarko/Indo-Aviation.com

Be the first to comment

Leave a Reply