Lion Air Luncurkan Penerbangan Umroh Surabaya-Madinah



Maskapai penerbangan Lion Air mulai hari ini, Minggu (13/12/2015), mengoperasikan layanan penerbangan umroh yang menghubungkan antara Surabaya di Jawa Timur dan Madinah di Arab Saudi. Dengan adanya pembukaan rute penerbangan langsung Surabaya-Madinah, penumpang penerbangan umroh tidak perlu lagi melakukan transit di Jakarta.

Menariknya, hari ini untuk pertama kalinya penumpang penerbangan khusus umroh terpusat di Terminal 1 Bandara Juanda Surabaya, tepatnya di ruang tunggu gate 11 dan 12. Seluruh petugas imigrasi, bea cukai, karantina, dan petugas bandara dikerahkan ke Terminal 1 untuk melayani penumpang penerbangan umroh.

Bandara Juanda Surabaya saat ini memang sudah membuka layanan khusus umroh, di mana berbagai peralatan keamana portable ditempatkan di terminal ini, mulai dari mesin x-ray hingga peralatan keamanan lainnya. Sebelumnya penumpang umroh melakukan check-in dan boarding menjadi satu dengan penumpang umum rute penerbangan internasional lainnya di Terminal 2 Bandara Juanda Surabaya. Saat boarding barulah penumpang ini diangkut menggunakan bus ke Terminal 1 karena pesawat parkir di terminal tersebut.

Pada penerbangan perdana Lion Air rute Surabaya-Madinah ini terdapat 423 jamaah umroh dari berbagai wilayah di Jawa Timur. Mereka diterbangkan dengan pesawat Airbus A330-300 yang berkapasitas hingga 440 penumpang. “Mudah-mudahan lancar dan tidak ada kendala. Nanti langsung Surabaya-Madinah. Ini kesempatan pertama dari Lion Air,” ujar Presiden Direktur Lion Group Edward Sirait.

Foto: YouTube

Be the first to comment

Leave a Reply