Lion Air Kantongi Izin Buka Rute Jambi-Kerinci



Maskapai Lion Air telah mengantongi izin dari Menteri Perhubungan (Menhub) RI membuka rute penerbangan Jambi-Kerinci. Hal tersebut membuat jadwal penerbangan di Bandara Depati Parbo Kerinci akan bertambah.

Menurut Bupati Kerinci, Adirozal, hal ini merupakan kabar gembira bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kerinci maupun masyarakat dengan adanya persetujuan izin terbang dari pihak kementerian.

Ini sebagai langkah untuk peningkatan ekonomi masyarakat Kerinci. “Iya sudah dapat persetujuan, setiap hari pesawat Lion Air akan mendarat di Bandara Depati Parbo,” ungkapnya.

Dengan adanya penerbangan Lion Air setiap hari ini, kata bupati tentunya juga akan menarik Investor masuk ke kabupaten Kerinci. Selain itu akan meningkatnya wisatawan asing maupun lokal yang akan datang ke kabupaten Kerinci.

“Ini akan mendukung investor datang ke Kerinci, kemudian pada 2016 tercatat 6.000 lebih wisatawan datang ke Kerinci, dan kita berharap bisa lebih meningkat,” beber Adirozal

Di samping itu Pemerintah Provinsi Jambi terus berupaya untuk mengembangkan Bandara Depati Parbo Kerinci tahun ini. Namun terkait dengan pembebasan lahan Bandara Depati Parbo, Mantan Wakil Walikota Padang Panjang mengatakan bahwa perluasan Bandara Depati Parbo tinggal pembebasan lahan. “Pemkab sudah mendata dan akan diukur oleh Badan Pertanahan. Nantinya diajukan oleh Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) dan KJPP yang menentukan harga tanah,” sebutnya.

Menurutnya, untuk anggaran pembebasan lahan, Pemerintah Provinsi Jambi telah menganggarkan menggunakan anggaran APBD Provinsi Jambi. “Jika lahan warga sudah dibebaskan dan sertifikat tanah sudah keluar, maka akan segera dibangun perluasan Bandara Depati Parbo. Untuk dananya sendiri, disediakan Kementerian Perhubungan,” jelasnya.

Foto: Joe Roland S Bokau / Indoaviation.com

Be the first to comment

Leave a Reply