Lima Pesawat Terbang Tanpa Awak Indonesia Diuji Terbang



Pesawat tanpa awak buatan Indonesia diuji coba di Lapangan Terbang Rumpin, Bogor. Foto: Reni Rohmawati.

Belasan pesawat terbang tanpa awak (PTTA) hasil Litbang Balitbang Kementerian Pertahanan dan produksi industri pertahanan (indham) dalam negeri ditampilkan di Pustekroket Lapan di Rumpin, Bogor, Kamis (27/7/2017). Lima di antaranya melakukan demo terbang di Lapangan Terbang Rumpin (Rumpin Airfield).

Demo tersebut disaksikan oleh Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu bersama sejumlah pejabat dari Kementerian Pertahanan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kementerian BUMN, serta Mabes TNI dan Mabes Angkatan. Hadir juga dari Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) dan industri pertahanan (indhan) dalam negeri, seperti PT Dirgantara Indonesia (PTDI), PT LEN Industri, dan PT INTI.

Menurut Dirjen Potensi Pertahanan Kemhan Sutrimo, demo terbang tersebut merupakan kelanjutan dari demo terbang PTTA Rajawali 350 di Bandara Nusawiru, Pangandaran, Ciamis, sebulan lalu.

Sutrimo mengatakan, PTTA menjadi kecenderungan atau tren pesawat pada masa depan. “Kebutuhannya sudah mendesak,” ujarnya.

Untuk mengembangkan PTTA dalam negeri, kata Sutrimo, perlu ditunjang oleh berbagai ilmu dan teknologi, juga membutuhkan dukungan berbagai disiplin ilmu. Dalam hal ini diperlukan dukungan dari pemerintah, industri, dan perguruan tinggi.

“Lembaga-lembaga penelitian harus aktif karena PTTA ini juga bisa menjadi sarana untuk olahraga yang dapat menumbuhkan bela negara dengan cinta pada kedirgantaraan,” tutur Sutrimo.

PTTA yang ditampilkan di Rumpin itu adalah Rajawali 720 dan Rajawali 350 dari PT Bhineka Dwi Persada, Wulung dari PTDI, Mission System dari PT LEN Industri, Elang Laut EL-25 dari PT Carita Boat Indonesia, SWG R1 System dan Bhimasena VTOL UAV dari PT Bhimasena, Target Drone dari PT Indo Pacific Communication & Defence (IPCD), MR 40 dan Close Range C21SR Mission dari PT Uavindo Nusantara, M3LSU03 dari PT Mandiri Mitra Muhibah, serta Alap-alap dari BPPT.

Sementara itu, lima PTTA yang melakukan demo terbang, berturut-turut: Rajawali 720, alap-alap, Elang Laut EL-25, Mission System, dan Wulung. Demo tersebut berlangsung menarik dan lancar.

Be the first to comment

Leave a Reply