Lima Maskapai Internasional Ini Ikut Sponsori Klub Sepakbola



Sepakbola merupakan salah satu olaharga yang paling populer di dunia. Tidak mengherankan jika sejumlah maskapai penerbangan internasional ikut serta menyeponsori klub-klub sepakbola ternama, khususnya klub sepakbola yang berada di daratan Eropa. Berikut ini lima maskapai penerbangan internasional yang melakukan kerjasama sponsorship dengan klub sepakbola.

Emirates

Maskapai penerbangan yang bermarkas di Dubai ini telah menganggap sepakbola sebagai aset penting dalam portfolio sponsorship. Saat ini Emirates telah melakukan kerjasama sponsorship dengan sejumlah klub sepakbola unggulan di Eropa, termasuk di antaranya klub asal Inggris, Arsenal, dan klub sepakbola dari Perancis, Paris Saint-Germain (PSG).

Kerjasama Emirates dengan PSG sudah dimulai sejak tahun 2005, kemudian kontrak kerjasama itu diperpanjang dan Emirates menjadi sponsor utama yang menempel di seragam PSG pada tahun 2006. Sementara itu, kerjasama sponsorship antara Emirates dengan Arsenal sudah dilakukan sejak tahun 2004. Berdasarkan kontrak terbaru, Emirates menjadi sponsor utama yang menempel di seragam Arsenal hingga musim 2018/2019. Tidak hanya itu, Emirates juga membranding markas Arsenal, Emirates Stadium, yang berada di London bagian utara. Klub lain yang disponsori oleh Emirates di antaranya AC Milan (Italia), Benfica (Portugal), Hamburger SV (Jerman), Real Madrid (Spanyol), dan Olympiacos (Yunani).

Sponsorship-Emirates-Arsenal

Delta Air Lines

Delta Air Lines menjadi maskapai penerbangan mitra klub sepakbola asal Inggris, Chelsea, sejak tahun 2012. Chief Executive Officer Chelsea Ron Gourlay mengatakan bahwa Delta memang tidak pernah menjadi sponsor utama bagi klub, tapi Delta dianggap sebagai maskapai penerbangan terbaik yang memberikan banyak manfaat kepada tim sepabola ini. Delta memberikan garansi bahwa Chelsea dapat mencapai seluruh destinasi dan bisa melakukan perjalanan dengan nyaman. Di lain pihak, Delta sedang mendorong pertumbuhan penerbangan transatlantic dengan memanfaatkan London Heathrow sebagai hub.

Sponsorship-Delta-Chelsea

Etihad Airways

Maskapai penerbangan nasional Uni Emirate Arab ini telah menjadi sponsor utama bagi klub sepakbola Manchester City sejak tahun 2009. Bahkan stadion yang digunakan sebagai markas Manchester City diberi nama Etihad Stadium, yang sekarang juga berperan sebagai Etihad Campus, area olahraga yang di dalamnya terdapat pusat latihan.

Tahun lalu Etihad Airways menjadi sponsor utama bagi dua klub sepakbola, yaitu Melbourne FC dan New York City FC. Kedua klub sepakbola itu mendapatkan kontrak selama lima tahun dari Etihad Airways. Dalam kurun waktu tersebut, nama dan logo Etihad akan terpasang pada seragam pemain.

Sponsorship-Etihad-Manchester-City

Qatar Airways

Qatar Airways merupakan salah satu dari dua sponsor utama bagi klub sepakbola asal Spanyol, Barcelona FC, berdampingan dengan sponsor utama lainnya, Nike. Awalnya, pada tahun 2011, Qatar Foundation menjalin kesepakatan kontrak sponsorship dengan Barcelona berdurasi waktu lima tahun. Namun, dua tahun setelah kesepakatan, kesepakatan itu diubah dengan pengumuman Qatar Airways sebagai sponsor utama.

Keuntungan yang didapatkan oleh Qatar Airways dalam kerjasama ini adalah bisa menempatkan nama dan logonya di seragam yang digunakan oleh pemain Barcelona. Dengan demikian, Qatar Airways bisa mendapatkan publikasi yang sangat besar mengingat Barcelona merupakan salah satu klub terbesar dan terbaik di dunia. Selain mendapatkan publikasi, Qatar Airways juga bisa menambah penerbangannya dari Doha menuju Barcelona.

Sponsorship-Qatar-Airways-Barcelona

South African Airways

Perusahaan penerbangan yang berbasis di Johannesburg ini telah menjalin kesepakatan sponsorship dengan klub sepakbola Inggris, Sunderland FC. Kemitraan sudah diumumkan sejak tahun 2013, dan maskapai penerbangan ini terus membantu tim sepakbola tersebut pada berbagai aspek ketika melakukan perjalanan ke Afrika.

Sponsorship-South-African-Airways-Sunderland

Be the first to comment

Leave a Reply