Letusan Gunung Agung: Bandara Notohadinegoro Jember Ditutup




Bandara Blimbingsari Banyuwangi Jawa Timur. Foto: Ditjen Hubud.

Sesuai hasil Rapat Evaluasi Penanganan Dampak Erupsi Gunung Agung (VA) terhadap operasi penerbangan di Bandara I Gusti Ngurah Rai, serta berdasarkan ground observation di Bandara Blimbingsari Banyuwangi dan Notohadinegoro Jember, dilakukan update terhadap operasional tiga bandara tersebut.

Berdasarkan rapat evaluasi tersebut, diketahui kondisi di atas wilayah udara bandara Ngurah Rai semakin baik. Sehingga diputuskan bandara tersebut kembali dibuka untuk operasional mulai pukul 14.30 WITA pada hari ini 29 Juni 2018.  Pembukaan bandara tersebut sudah diinformasikan melalui Notam no. A2552/ 18 NOTAMC A2551/ 18.

Namun, berdasarkan ground observasi di Bandara Notohadinegoro Jember pada pukul 07.00 WIB, positif terdeteksi debu vulkanik. Olehbkarena itu diterbitkan NOTAM C6841/18 yang menyatakan Bandara Notohadinegoro ditutup dari jam 09.22 s/d 17.00 WIB. Sedangkan untuk Bandara Blimbingsari hingga dilaksanakan ground observation pukul 08.00 WIB tidak ditemukan abu vulkanik sehingga tidak terjadi perubahan operasional.