Letusan Gunung Agung, 7 Penerbangan Dialihkan



Terminal penumpang bandara I Gusti Ngurah Rai. Foto: Angkasa Pura I

Akibat letusan Gunung Agung di Bali, Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, hari ini 27 November 2017, ditutup. Tujuh penerbangan dialihkan pendaratannya. Ketujuh penerbangan itu adalah:

  1. Garuda Indonesia GIA5150 dari Zhengzou ke Denpasar dialihkan ke Surabaya
  2. Garuda Indonwsia GA 897 Guangzhou-Denpasar dialihkan ke Surabaya
  3. Garuda Indonesia GA 859 Shanghai-Denpasar dialihkan ke Jakarta
  4. China Easter MU 5029 Shanghai-Denpasar dialihkan ke Jakarta.
  5. China Easter MU 781 Beijing-Denpasar dialihkan ke Singapura
  6. Citilink CTV 856 Jakarta-Denpasar dialihkan ke Surabaya
  7. Lion Air JT927 Makassar-Denpasar dialihkan ke Surabaya.

Dalam rapat koordinasi, disampaikan  oleh BMKG terkait data dari VAAC Darwin beserta prediksinya yang secara ploting area telah menutupi airspace sekitar bandara. Arah sebaran debu vulkanik ke arah selatan dan tenggara.

Berdasar data paper test yang disampaikan pihak operator Air Asia terdeteksi bahwa sebaran abu vulkanik telah sampai area Bandara I Gusti Ngurah Rai (VA Positive). Sementara itu Airnav Indonesia Cabang Denpasar mengatakan bahwa ploting area jalur pemanduan lalu lintas pesawat udara telah tertutup oleh sebaran abu vulkanik.

Dari hasil rapat koordinasi di lapangan, Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan memutuskan penutupan Bandara I Gusti Ngurah Rai mulai pukul 07.00 WITA hari ini, Senin 27 November 2017 sampai dengan 18 jam kedepan dengan evaluasi per 6 jam oleh airport community. Informasi penutupan Bandara Ngurah Rai tersebut telah disebarkan melalui NOTAM no A4242/17.

Be the first to comment

Leave a Reply