Latih Para Pilot, Lion Group Gandeng Airbus Training Organization



Perusahaan penerbangan swasta terbesar di Indonesia, Lion Group, menjalin kerjasama dengan Airbus Training Organization untuk melatih para pilot yang tergabung dalam sejumlah maskapai penerbangan Lion Group, seperti Lion Air, Wings Air, dan Batik Air, agar kualitas pilot-pilot itu sesuai dengan standar internasional.

Presiden Direktur Lion Group Edward Sirait mengatakan, melalui perjanjian kerjasama ini Indonesia tidak hanya sekedar menjadi pusat penerbangan, tapi juga bisa menjadi pusat pelatihan bagi para pilot. “Dengan kerja sama ini, kami berharap dua hal, yaitu pilot yang lulus di sini diakui oleh standar internasional dan menjadikan Indonesia bukan hanya sebagai pusat penerbangan, tapi juga pusat pelatihan penerbangan,” ujar Edward dalam konferensi pers kerjasama antara Angkasa Training Center milik Lion Group dengan Airbus Training Organization, Kamis (10/12/2015).

Menurut Edward, silabus untuk pelatihan pilot yang diterapkan di Angkasa Training Center sama dengan silabus di cabang Airbus Training Organization lain di dunia, seperti yang ada di Perancis, Amerika Serikat, India, China, dan Uni Emirate Arab. “Adanya kerja sama ini diharapkan terus meningkatkan kualitas dalam bidang pelatihan karena dilatih badan independen yang tentunya hasil pelatihan ini diharapkan obyektif dan dapat dirasakan dan dimanfaatkan bagi konsumen kami,” tuturnya.

Edward menambahkan, secara total saat ini Lion Group memiliki tujuh buah simulator penerbangan, baik itu Airbus, ATR, maupun Boeing. Namun, jumlah itu akan ditambah menjadi 23 unit dalam waktu beberapa tahun mendatang. Dia juga menargetkan, dalam waktu enam bulan Angkasa Training Center sudah bisa mendapatkan sertifikat Airbus Approve Training Organization, DGCA Indonesia Approve, dan EASA (Europe Aviation Safety Agency). “Ke depannya kami akan menambah sampai 23 simulator, saat ini paling banyak itu Boeing,” ucapnya.

Saat ini sudah ada dua maskapai penerbangan dalam jaringan Lion Group yang menggunakan pesawat buatan Airbus, yaitu Lion Air dan Batik Air. Lion Air mengoperasikan pesawat lorong ganda Airbus A330-300, sedangkan Batik Air mengoperasikan pesawat lorong tunggal Airbus A320 yang umumnya digunakan untuk penerbangan jarak pendek hingga menengah.

Foto: Yulianus Liteni/PhotoV2.com for Indo-Aviation.com

Be the first to comment

Leave a Reply